Tips Menyimpan Tas Kulit agar Awet dan Tidak Cepat Terkelupas
Cara Merawat Tas Kulit (Artem Beliaikin/Pexels)

Bagikan:

MEDAN - Memakai bahan kulit memang akan menaikkan gengsi, tidak heran jika hal tersebut membuat sebagian wanita tergila-gila untuk terus menambah koleksi kulit yang dimiliki.

Namun semakin banyak memiliki tas kulit, maka semakin banyak tenaga juga yang perlu dicurahkan untuk merawatnya. Merawat tas kulit memang tidak mudah lantaran salah urus bisa berakibat kulit tas jadi retak, pudar, kulit terkikis, hingga dampak jamuran.

Tips Menyimpan Tas Kulit

Untuk mengatasi hal ini, VOI punya serangkaian tips untuk Anda ikuti. Penasaran? Langsung saja simak penjelasan selengkapnya di bawah ini.

Jaga tas agar tetap kering

Lembabnya tempat penyimpanan atau kondisi tas bisa mengakibatkan jamur tumbuh sempurna di bagian kulit tas. Untuk itu, Anda perlu menjauhi lingkungan lembab, terutama pada bagian dalam tas. Penggunaan silica gel sangat membantu menghindari tas ditumbuhi jamur. Tapi perlu diingat, silica gel hanya berlaku selama 2-4 minggu saja sehingga perlu diganti secara berkala. Anda juga bisa meletakkan alat serap lembab pada tempat penyimpanan tas.

Hindari alkohol, air, dan minyak campuran

Banyak informasi berseliweran tentang penggunaan alkohol, air, dan minyak kayu putih untuk membersihkan tas kulit. Tapi, ini hanya berlaku jika kulit tas terbuat dari bahan sintetis. Hindari penggunaan ketiga bahan tersebut untuk membersihkan tas kulit asli. Gunakanlah losion khusus untuk membersihkan tas kulit.

Air dan alkohol dapat menurunkan kelembaban pada permukaan kulit. Dampaknya, kulit tas jadi mudah retak dan pecah-pecah. Selain itu, minyak campuran dapat memicu tumbuhnya jamur pada kulit.

Jaga struktur tas dengan bag pillow

Tas dirancang untuk diisi barang. Jika tidak dipakai dalam jangka waktu lama, Anda bisa menggunakan bag pillow, sprei, handuk, selimut, atau kertas roti tipis untuk disumpal ke dalam tas. Hal ini demi mencegah perubahan bentuk tas, kerutan, dan bekas lipatan pada permukaan kulit tas. Hindari penggunaan kertas koran sebab karbon bisa meninggalkan noda di bagian dalam tas.

Jauhi sinar matahari

Dusty bag tidak hanya berfungsi untuk menjaga tas kulit tetap bersih dari debu halus yang mengganggu, tapi dusty bag juga dapat menjaga tas Anda berubah warna akibat paparan sinar matahari yang merusak tekstur kulit dan membuat permukaan tas kulit pecah-pecah.

Selama tidak dipakai, coba simpan tas Anda di dalam dusty bag dan tempat yang tidak terjangkau sinar matahari, ya.

Ganti tas setiap hari

Agar kulit tas yang disimpan dalam lemari tidak mudah terkelupas, Anda bisa memakainya bergiliran setiap hari. Dengan membawa tas keluar rumah dan bertemu udara segar, kondisi tas jadi lebih terjaga dan Anda jadi lebih peka dengan kondisi tas. Sehingga, jika ada kerusakan dan infeksi jamur jadi lebih mudah terdeteksi dan cepat diatasi.

 

Artikel ini pernah tayang di VOI.ID dengan judul: Agar Tidak Mudah Terkelupas, Begini Cara Tepat Menyimpan Tas Kulit

Selain Tips Menyimpan Tas Kulit, ikuti berita dalam dan luar negeri lainnya hanya di VOI Sumut, Waktunya Merevolusi Pemberitaan!