Pake Truk Tanpa Sopir, Aurora Kerja Sama dengan Uber di Sektor Jasa Angkut Barang
Aurora kerja sama dengan Uber dalam pengiriman barang tanpa sopir. (foto: aurora)

Bagikan:

MEDAN - Mobil tanpa sopir sedang banyak dikembangkan. Namun bagaimana dengan truk tanpa sopir? hal tersebut menjadi fokus Aurora Innovation Inc yang telah meluncurkan program percontohan dengan unit pengiriman Uber Technologies Inc.

Program tersebut dikhususkan untuk mengangkut barang di Texas dan untuk mengintegrasikan truk otonom ke dalam platform pengiriman Uber Freight.

Aurora mengatakan mulai mengangkut muatan secara mandiri untuk pelanggan Uber Freight antara Dallas dan Houston minggu lalu. Perusahaan berencana untuk meluncurkan bisnis truk otonom komersialnya pada akhir 2023, dimulai di Texas.

Truk Tanpa Sopir dari Auroraa beroperasi 2023

Uber adalah investor di Aurora setelah perusahaan self-driving ini membeli unit kendaraan otonom Uber ATG tahun lalu dan Uber mengakuisisi 26% saham kepemilikan di Aurora.

Uber Freight adalah platform yang bertindak sebagai perantara dalam menghubungkan pengirim yang membutuhkan barang yang diangkut dengan pengemudi truk yang tersedia, seringkali kontraktor independen di pasar yang sangat terfragmentasi.

Seorang juru bicara Aurora, seperti dikutip Reuters, mengatakan sebelum peluncuran minggu lalu, perusahaan mulai berkolaborasi dengan Uber Freight setahun yang lalu guna mengangkut barang lebih dari ribuan mil di Texas untuk mendapatkan wawasan baru tentang bisnis ini.

Aurora mengatakan operator yang berlangganan produk self-driving-nya akan dapat memesan truk otonom melalui platform Uber Freight setelah truk self-driving komersial tersebut diluncurkan pada 2023.

Dengan menggunakan truk otonom, operator akan dapat meningkatkan pemanfaatan truk dan mengangkut lebih banyak barang antar terminal, kata sumber di Aurora. Pengemudi truk manusia tidak diperbolehkan mengemudi lebih dari 11 jam per hari. Sementara batasan itu tidak berlaku untuk truk yang mengemudi sendiri. Ini akan sangat menghemat waktu bagi perusahaan transportasi!

Program percontohan menyebarkan apa yang disebut beban drop-and-hook, istilah industri yang menggambarkan pengemudi menurunkan peti kemas penuh di terminal dan kemudian segera mengambil yang baru, tanpa menunggu untuk dibongkar.

Truk yang dioperasikan manusia yang dipesan melalui jaringan Uber Freight kemudian menangani mil terakhir ke tujuan sebenarnya, di mana barang sedang dibongkar, kata perusahaan. Cara kerja ini akan membuat perusahaan transportasi dan jasa pengangkutan menjadi lebih efisien.

Artikel ini pernah tayang di VOI.ID dengan judul: Aurora Kerja Sama dengan Uber Angkut Barang di Texas, Sopir Tidak Diperlukan Lagi

Selain Truk Tanpa Sopir, ikuti berita dalam dan luar negeri lainnya hanya di VOI Sumut, Berita Sumatera Utara Terkini!