Apa Benar Sinyal 5G Mengganggu Penerbangan? Berikut Peringatan Maskapai penerbangan AS
Jadwal penerbangan bisa terganggu spekturm 5G. (foto: pixabay)

Bagikan:

MEDAN - Rencana oleh AT&T dan Verizon Communications menggunakan spektrum untuk layanan nirkabel 5G bisa sangat mengganggu. Hal tersebut diungkapkan perusahaan utama Maskapai penerbangan AS.

Diketahui, perjalanan pengunaan 5G membuat merugikan penumpang udara 1,6 miliar dolar AS per tahun karena membuat adanya penundaan penerbangan.

Grup perdagangan Airlines for America (A4A) mengatakan jika arahan Administrasi Penerbangan Federal (FAA) baru untuk mengatasi potensi gangguan dari transmisi nirkabel telah berlaku pada 2019 "sekitar 345.000 penerbangan penumpang, 32 juta penumpang, dan 5.400 penerbangan kargo akan terpengaruh. Pengaruh ini terutama akan berdampak seperti penundaan penerbangan, pengalihan, atau pembatalan penerbangan.

Sinyal 5G Mengganggu Penerbangan, Bagimana Solusinya?

Pada sidang Rabu, 15 Desember para senator mendesak maskapai penerbangan untuk bekerja menemukan resolusi atas masalah tersebut.

Seperti dilaporkan oleh Reuters, CEO United Airlines , Scott Kirby, mengatakan masalah nirkabel 5G "adalah potensi masalah terbesar dan paling merusak yang kami hadapi. Kami tidak ingin apa-apa selain mencari solusi."

Kepala Eksekutif Southwest Airlines , Gary Kelly, juga mengatakan arahan FAA "akan berdampak signifikan pada operasi kami setelah dikerahkan pada 5 Januari."

Operator nirkabel tersebut diatur untuk mulai menggunakan spektrum hanya dalam tiga minggu.

Pekan lalu, FAA mengeluarkan arahan kelaikan udara baru yang memperingatkan gangguan dari spektrum nirkabel 5G dapat mengakibatkan pengalihan penerbangan. Baca selengkapnya

Industri penerbangan dan FAA telah menyuarakan keprihatinan yang signifikan tentang potensi interferensi 5G dengan perangkat elektronik pesawat yang sensitif seperti radio altimeter.

Pada November lalu, AT&T dan Verizon setuju untuk menunda peluncuran komersial layanan nirkabel C-band hingga 5 Januari setelah FAA menyampaikan kekhawatirannya. Mereka juga mengadopsi tindakan pencegahan selama enam bulan untuk membatasi gangguan tersebut.

Kelompok industri penerbangan mengatakan mereka tidak cukup mampu untuk mengatasi masalah keamanan udara ini.

CTIA, sebuah kelompok perdagangan nirkabel, mengatakan "ketakutan industri penerbangan bergantung pada informasi yang sepenuhnya didiskreditkan dan distorsi fakta yang disengaja." Ia menambahkan 5G beroperasi dengan aman dan tanpa menyebabkan gangguan berbahaya pada operasi penerbangan di hampir 40 negara di seluruh dunia.

A4A mengatakan arahan FAA akan "secara material mengganggu operasi maskapai" dan menambahkan operator kargo memperkirakan arahan itu "akan menelan biaya 400 juta dolar AS per tahun."

Kelompok itu mengatakan "biaya dampak tahunan bagi penumpang menjadi sekitar 1,59 miliar dolar AS" dari penundaan perjalanan.

Operator nirkabel tidak menunjukkan minat dalam penundaan spektrum lebih lanjut dan industri membayar lebih dari 80 miliar dolar AS untuk mendapatkannya. Di sini terlihat jelas kepentingan uang mendominasi dalam pertarungan antara perusahaan penerbangan dan telekomunikasi.

Ketua FCC Jessica Rosenworcel, yang tidak segera mengomentari analisis maskapai tersebut. Sebaliknya, ia mengatakan sangat yakin masalah tersebut dapat diselesaikan dan spektrum digunakan dengan aman.

"Pelanggan maskapai bergantung pada maskapai untuk mengangkut produk yang mudah rusak yang sensitif terhadap waktu seperti obat-obatan, vaksin, organ, suku cadang rantai pasokan penting, dan banyak barang bernilai tinggi lainnya," kata sumber di A4A, seperti dikutip Reuters. "Kurangnya mitigasi serius di pihak perusahaan telekomunikasi 5G untuk mengatasi masalah interferensi akan secara signifikan mengganggu dan membahayakan perekonomian."

Arahan FAA juga memerintahkan mereka merevisi manual penerbangan pesawat dan helikopter guna melarang beberapa operasi yang memerlukan data altimeter radio ketika ada sinyal broadband nirkabel 5G C-Band.

FAA tetap dalam posisi untuk terus diskusi dengan FCC, Gedung Putih dan pejabat industri tentang kontur yang tepat dari segala keterbatasan dalam masalah ini.

Artikel ini pernah tayang di VOI.ID dengan judul: Sulit Ketemu! A4A Sebut Spektrum 5G Bisa Ganggu Perangkat di Pesawat Terbang, Tapi AT&T dan Verizon Ngotot Memakainya

Selain Sinyal 5G Mengganggu Penerbangan, ikuti berita dalam dan luar negeri lainnya hanya di VOI Sumut, Berita Sumatera Utara Terkini!