Cara Meningkatkan Komunikasi yang Efektif dengan Pasangan Anda
Ilustrasi tak perlu merasa bersalah atau minta maaf jika melakukan hal ini (Pexels/Andrea Piacquadio)

Bagikan:

MEDAN - Dalam hubungan berpasangan, terdapat dua orang yang memiliki sifat dan karakter masing-masing. Artikel ini akan membahas beberapa tips dan cara meningkatkan komunikasi agar hubungan semakin langgeng dan saling mengerti.

Perlu diketahui, ketika keduanya membangun komitmen bersama, tentu tak lepas dari perbedaan argumentasi maupun berbeda cara dalam mengekspresikan perasaan pun pikiran.

Tetapi jika Anda melakukan hal tersebut tanpa melukai satu sama lain, tentu bukan kesalahan. Jadi, saat melakukan hal-hal di bawah ini, Anda tak perlu merasa bersalah.

1. Menjadi diri sendiri

Tidak sedikit orang merasa sungkan ketika menjadi diri sendiri. Bahkan ia lebih ‘nyaman’ menjadi people pleaser yang lebih mementingkan orang lain daripada diri sendiri. Jangan, tetap menjadi diri sendiri itu enggak salah. Bahkan Anda tidak perlu mengucapkan maaf jika orang lain tak menyukai kejujuran ucapan ataupun penampilan.

2. Mengingatkan pasangan saat berlaku buruk

Sebagai pasangan, tentunya perlu saling mengingatkan untuk setiap orangnya menjadi lebih baik. Bukan salah Anda jika mengingatkan pasangan saat berlaku buruk. Bahkan Anda wajib mengingatkannya supaya tidak berpengaruh buruk pada hubungan.

3. Mengutarakan opini

Setiap orang berhak mengutarakan opini, argumentasi, maupun pemikiran berdasarkan sudut pandangnya. Artinya, Anda boleh berbeda opini dengan pasangan selama caranya mengutarakan tidak saling menjatuhkan.

4. Saat butuh waktu sendiri

Saat butuh waktu sendiri, artinya seseorang perlu memikirkan atau memperhatikan diri sendiri. Jika melakukan hal ini, Anda tak perlu merasa bersalah. Komunikasikan kebutuhan Anda secara terbuka kepada pasangan, jika ia pasangan yang bijak, tentu tidak akan protes.

5. Berpijak pada yang Anda percayai

Ketika Anda percaya satu hal, peganglah erat-erat. Penting juga untuk bertahan tetapi tetaplah berpikiran terbuka serta menghormati apa yang dipercayai pasangan. Pun Anda juga perlu menerima perbedaan sebab dengan begitu Anda akan mendapatkan hal yang sama.

Selain lima hal di atas, berpegang pada kebenaran juga tidak salah. Bahkan sepahit apapun kebenaran tetap harus diutarakan. Namun, pilihlah cara yang bijak supaya tidak melampaui batas-batas rasa hormat pada pasangan Anda.

Artikel ini pernah tayang di VOI.ID dengan judul: Enggak Perlu Merasa Bersalah Jika Melakukan 5 Hal Ini pada Pasangan

Selain Cara Meningkatkan Komunikasi yang Efektif, ikuti berita dalam dan luar negeri lainnya hanya di VOI Sumut, Berita Sumatera Utara Terkini!