Pertumbuhan Ekonomi Indonesia di Kuartal II 2022 Naik!
Kepala BPS Margo Yuwono (Foto: Tangkap layar Youtube BPS)

Bagikan:

MEDAN - Baru-baru ini Badan Pusat Statistik (BPS) melaporkan bahwa tingkat pertumbuhan ekonomi Indonesia pada kuartal II 2022 secara tahunan (year on year/yoy) adalah sebesar 5,44 persen.

Menurut Kepala BPS Margo Yuwono mengatakan apabila dibandingkan dengan kuartal I 2022 (quartal to quartal/qtq) tingkat pertumbuhan ekonomi adalah sebesar 3,72 persen.

Pertumbuhan Ekonomi Lebih Tinggi

“Secara kuartalan, pertumbuhan kuartal II pasti lebih tinggi dari kuartal I karena ada faktor musiman (Idulfitri). Semetara untuk yoy pertumbuhan ekonomi meningkat secara persisten dari periode sebelumnya,” ujar dia saat menggelar konferensi pers secara virtual pada Jumat, 5 Agustus.

Menurut Margo, seluruh lapangan usaha mencatatkan pertumbuhan kecuali dari sektor administrasi pemerintahan dan jasa pendidikan yang mengalami kontraksi.

Sementara untuk lapangan usaha dengan pertumbuhan tertinggi adalah transportasi dan pergudangan serta akomodasi dan makanan minuman yang didorong oleh pelonggaran syarat perjalanan dan momentum Idulfitri.

“Seluruh leading sector, yaitu industri, pertambangan, pertanian, perdagangan, dan konstruksi melanjutkan tren pemulihan dan tumbuh secara moderat,” tuturnya.

Margo menambahkan, sumber pertumbuhan ekonomi Indonesia kuartal II 2022 menurut sumber pengeluaran masih didominasi oleh konsumsi rumah tangga. Diikuti kemudian capaian net ekspor, Pembentukan Modal Tetap Bruto (PMTB) yang merepresentasikan investasi, serta lainnya.

“Berdasarkan letak daerahnya, ekonomi masih terpusat di Pulau Jawa dengan kontribusi mencapai 56,5 persen secara nasional. Kemudian, Sumatera yang menyokong 22 persen, Kalimantan 9 persen, Sulawesi 7,1 persen, Bali dan Nusa Tenggara sebesar 2,7 persen, serta Maluku dan Papua sebanyak 2,5 persen,” jelas dia.

Sebagai informasi, capaian pertumbuhan ekonomi sebesar 5,44 persen yoy di kuartal II tahun ini melanjutkan catatan positif di kuarta I yang tumbuh sebesar 5,01 persen.

Artikel ini pernah tayang di VOI.ID dengan judul: Kabar Baik untuk Kita Semua! Pertumbuhan Ekonomi Terbang 5,44 Persen di Kuartal II 2022

Selain Pertumbuhan Ekonomi Indonesia, ikuti berita dalam dan luar negeri lainnya hanya di VOI Sumut, Berita Sumatera Utara Terkini!