Tempat Wisata Bersejarah di Medan: Maha Vihara Maitreya, Wihara Terbesar di Asia Tenggara yang "Instagramable"
Taman kolam Avalokitesvara di Maha Vihara (Foto- mahaviharamaitreya.org)

Bagikan:

SUMATERA SELATAN – Maha Vihara Maitreya adalah tempat ibadah yang menjadi salah satu wisata bersejarah di Medan, Sumatera Utara yang menarik untuk dikunjungi.

Maha Vihara Maitreya bukanlah sebuah Vihara Buddha Maitreya pertama di Indonesia. Sebelumnya, sudah berdiri terlebih dahulu sebuah wihara pertama di Kota Malang, Jawa Timur.

Maha Vihara Maitreya Bukan Wihara Pertama di Indonesia

Berdirinya maha wihara di Malang dimulai pada tahun 1950, yang kemudiana diikuti oleh pembangunan wihara di beberapa kota lain seperti Pasuruan, Surabaya, Jakarta, Semarang, Pontianak, Palembang, Riau, dan Medan.

Dilansir dari laman resmi Maha Vihara Maitreya, pembangunan berbagai wihara di Nusantara tidak lepas dari peran Maitreyawira yang merupakan sesepuh bagi umat Buddha aliran Maitreya di Indonesia.

Wihara-Wihara di Medan sebelum Maha Vihara Maitreya

Di Medan, pembangunan wihara pertama diinisiasi oleh Sesepuh Prajnamitra pada tahun 1957. Saat itu wihara perdana didirikan yang bernama Vihara Kshanti Maitreya.

Sebelum dibangun Maha Vihara Maitreya, Sesepuh Prajnamitra telah mengembangkan beberapa wihara di Medan. Beberapa wihara tersebut di antaranya Vihara Prajna Maitreya-Medan, Vihara Lokottara Maitreya Medan, Vihara Vidya Maitreya-P Siantar, dan Vihara Dhyana Maitreya Medan.

Pada tahun 1980, Prajnamitra meninggal dunia dan 37 unit vihara dibangun di wilayah Sumatera. Menariknya, tercatat sekitar 70.000 umat Buddha aktif kala itu.

Yang Arya Maha sesepuh Ong, Inisiator Maha Vihara Maitreya Medan

Yang Arya Maha sesepuh Ong adalah pemimpin tertinggi The World Maitreya Great Tao, yang waktu itu meminta agar di Medan dibangun sebuah wihara besar yang dapat menampung hingga 5 ribu orang untuk bakti puja.

Hingga kemudian pada 17 Januari 1999 diletakkan batu pertama di Maha Vihara Maitreya Medan. Barulah pada 5 Oktober 1999 dibangun konstruksi wihara untuk pertama kalinya.

Bagi Anda yang ingin berwisata ke Maha Vihara Maitreya Medan diperbolehkan, namun tetap ingat agar menghargai para jemaat ketika sedang bersembahyang.

Spot Foto di Maha Vihara Maitreya Medan

Yang menarik dari Maha Vihara adalah arsitektur bangunannya yang memiliki ciri khas oriental klasik yang diberikan sentuhan modern.

Arsitektur dari Maha Vihara Maitreya Medan sendiri mengedepankan keharmonisan, kekudusan, dan juga cita rasa estetika.

Terdapat beberapa tempat yang estetik untuk dijadikan latar belakang foto di Maha Vihara Maitreya. Anda dapat mengambil gambar di sisi kiri dari vihara, di mana terdapat patung Dewi Kuan Yim.

Di lokasi tersebut juga terdapat disertai kolam yang di dalamnya terdapat banyak ikan koi. Jangan lupa, dua buah patung naga yang saling berhadapan mengarah ke patung Dewi Kuan Yim akan semakin menambah kesan estetis foto.

Selain itu, di Maha Vihara Maitreya juga terdapat taman burung yang memiliki banyak jenis burung.

Selain Maha Vihara Maitreya yang merupakan tempat wisata bersejarah di Medan, ikuti berita dalam dan luar negeri lainnya hanya di VOI, Waktunya Merevolusi Pemberitaan!