BMKG Keluarkan Peringatan Cuaca di Sumatera Utara pada Jumat 13 Maret 2021
Ilustrasi awan petir (Unsplash/Tom Strecker)

Bagikan:

Sumatera Utara – Berdasarkan prakiraan dari Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) hari ini Jumat 12 Maret 2021, sebagian besar wilayah di Sumatera Utara cerah berawan hingga hujan ringan terjadi di wilayah sebagian pesisir dan lereng timur.

Kemudian hujan ringan hingga hujan sedang diprediksi akan turun di sebagian besar wilayah di Sumatera Utara pada siang hari ini.

BMKG Imbau Hujan di Pesisir dan Lereng Barat Sumatera Utara

Pada malam hari sebagian besar wilayah di Sumatera Utara diprediksi akan hujan ringan hingga lebat.

Terakhir, BMKG memperkirakan cuaca di Sumatera Utara pada dini hari akan berawan pada seluruh wilayahnya.

Adapun, suhu udara di wilayah Banten hari ini diperkirakan oleh BMKG ada di antara 25.0-33.0 derajat Celcius dengan kelembapan udara 55- 95 persen, dan angin berhembus dari Utara -Timur Laut dengan kecepatan 5 -30 km /jam.

BMKG mengeluarkan peringatan dini agar masyarakat waspada terhadap potensi akan terjadinya hujan lebat untuk wilayah sebagian wilayah pesisir dan lereng barat di Sumatera Utara.

"Waspada potensi hujan lebat di pesisir dan lereng barat di Sumatera Utara, " jelas  keterangan yang disampaikan BMKG Wilayah 1 Medan yang diterima VOI, Jumat 12 Maret.

Sementara itu, prakiraan gelombang laut terjadi di Perairan Utara Sabang, Selat Malaka bagian utara, Perairan barat Aceh, Perairan Meulaboh-Sinabang, Samudera Hindia Barat Aceh, Perairan Nias hingga Sibolga, dan Samudera Hindia barat Nias.

Gelombang laut yanf terjadi di Sumatera Utara termasuk kategori sedang dengan ketinggian 1.25 -2.5 meter.

Kemudian titik panas (hotspot) terpantau di tiga lokasi yaitu dua di Kabupaten Asahan dan sati di Labuhanbatu Utara.

Selain perkiraan cuaca Sumatera Utara hari ini, ikuti berita dalam dan luar negeri lainnya hanya di VOI, Waktunya Merevolusi Pemberitaan!