Erupsi Gunung Sinabung: Luncuran Abu Vulkanik Sejauh 1.000 Meter
Erupsi Gunung Sinabung di Kabupaten Karo, Rabu 7 April. (Foto- ANTARA)

Bagikan:

SUMATERA UTARA – Gunung Sinabung yang berada di Kabupaten Karo, Sumatera Utara (Sumut) kembali mengalami erupsi pada Rabu 7 April. Adapun tinggi kolom abu vulkanik yang teramati adalah 1.000 meter dari atas puncak gunung.

Kepala Pos Pantau Gunung Sinabung Armen Putra memaparkan jika kolom abu yang teramati berwarna kelabu dengan intensitas tebal dibawa angin ke arah timur dan tenggara.

Status Gunung Gunung Sinabung Level III Siaga

"Erupsi beramplitudo 20 mm dengan durasi 2 menit 53 detik," terang Putra dilansir dari Antara, Rabu 7 April.

Sementara itu status Gunung Sinabung saat ini ada pada Level III (Siaga). Diimbau warga dan petani tidak melakukan aktivitas di desa-desa yang sudah dievakuasi dan tidak melakukan kegiatan dalam radius tiga kilometer dari puncak gunung.

Perlu diketahui, radius sektoral Gunung Sinabung adalah lima kilometer untuk sektor selatan-timur dan empat kilometer untuk sektor timur-utara.

Apabila terjadi hujan abu, masyarakat juga diimbau memakai masker ketika berada di luar rumah, hal tersebut ditujukan mengurangi dampak kesehatan dari abu vulkanis.

Selain itu, masyarakat juga diimbau agar mengamankan sarana air bersih dan membersihkan atap rumah dari abu vulkanis yang lebat agar tidak roboh.

"Masyarakat yang berada dan bermukim di dekat sungai-sungai yang berhulu di Gunung Sinabung juga diminta agar tetap waspada terhadap bahaya lahar," imbuhnya.

Selain erupsi Gunung Sinabung, ikuti berita dalam dan luar negeri lainnya hanya di VOI, Waktunya Merevolusi Pemberitaan!