Wartawan asal Jepang, Yuki Kitazumi Ditangkap oleh Otoritas Myanmar
Warga berdemonstrasi sambil membawa pot Thigyan dengan bunga padauk saat mereka memprotes kup militer di Dawei, Myanmar, Selasa (13/4/2021), dalam gambar yang didapatkan dari video. (Foto- ANTARA)

Bagikan:

INTERNATIONAL, MYANMAR – Wartawan asal Jepang, Yuki Kitazumi ditangkap oleh otoritas Myanmar setelah dijemput dari kediamannya di Yangon, Senin 19 April.

Dilansir dari BBC Burma, salah seorang saksi mata melaporkan jika wartawan tersebut di bawa ke sel tahanan oleh pasukan keamanan pada Minggu malam, 18 April.

Kedutaan Besar Jepang Tidak Dapat Dihubungi

Menurut saksi, Yuki Kitazumi ketika ditangkap diminta untuk mengangkat kedua tangan dan dibawa masuk ke dalam mobil.

Setelah penangkapan tersebut, Kedutaan Besar Jepang langsung tidak dapat dihubungi. Sementara itu, juru bicara junta militer juga tidak menanggapi ketika diminta berkomentar.

Perlu diketahui, Kitazumi menjalankan perusahaan produksi media yang bernama Yangon Media Professionals. Ia juga pernah menjadi wartawan untuk harian bisnis Nikkei—sebagaimana ditulis akun Facebook miliknya dan wawancara dengan media daring.

Kitazumi sebelumnya pernah ditahan pada bulan Februari ketika meliput aksi penolakan kudeta 1 Februari, akan tetapi tidak lama setelahnya kemudian dibebaskan.

Menurut kelompok Assistance Association for Political Prisoners, sebanyak 737 orang tewas di tangan pasukan keamanan terhitung sejak kudeta. Sementara itu 3.229 orang lainnya masih ditahan.

Selain penangkapan wartawan asal Jepang, Yuki Kitazumi, ikuti berita dalam dan luar negeri lainnya hanya di VOI, Waktunya Merevolusi Pemberitaan!