Begini Nasib Novel Baswedan setelah Tidak Lolos Tes TWK
Penyidik KPK Novel Baswedan (Rizky Adytia Pramana/VOI)

Bagikan:

MEDAN – Beberapa waktu ini keabsahan Tes Wawasan Kebangsaan (TWK) sebagai syarat alih status pegawai Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) berpolemik.

TWK mendapatkan perhatian setelah ada 75 pegawai yang tak memenuhi syarat (TMS) dan dinonaktifkan dari jabatannya, termasuk penyidik senior Novel Baswedan.

Ketua KPK Firli Bahuri akan Melakukan Pembahasan dengan Berbagai Instansi

Terkait polemik yang berkembang di tengah masyarakat, Ketua KPK Firli Bahuri mengatakan penentuan terhadap nasib puluhan pegawai akan dilakukan pada pekan depan. Dia mengatakan, pihaknya akan melakukan pembahasan dengan berbagai instansi terkait.

"Yang pasti hari Selasa, 25 Mei kita akan melakukan pembahasan secara intensif untuk penyelesaian 75 pegawai KPK, rekan-rekan kami, adik-adik saya," jelas Firli dalam konferensi pers di gedung Merah Putih KPK, Kuningan Persada, Jakarta Selatan, Kamis, 20 Mei.

Firli Bahuri mengatakan, pihaknya akan berkoordinasi dengan Badan Kepegawaian Negara (BKN) dan KemenPANRB.

Selain itu, komisi antirasuah juga akan menggandeng Kemenkumham, Komisi Aparatur Sipil Negara (KASN), dan Lembaga Administrasi Negara (LAN).

Akan tetapi dirinya belum tahu nasib para pegawai itu dari hasil rapat yang akan dilakukan pekan nanti. Sehingga, KPK enggan merespons lebih jauh terkait nasib Novel Baswedan dkk.

"Karena itu kami tidak berani memberikan respons sejak awal karena kami harus bekerja dengan bersama-sama kementerian lembaga selanjutnya adalah KPK tetap efektif, KPK tetap bekerja keras untuk melakukan pemberantasan korupsi," tegas Firli.

Namun yang pasti, dia menegaskan jika pihaknya sampai saat ini belum mengambil sikap terhadap 75 pegawainya yang dinyatakan tak lolos TWK. Firli mengaku tak pernah terbersit untuk menghentikan para pegawainya.

"Kami ingin pastikan sampai hari ini tidak pernah KPK memberhentikan, tidak pernah KPK memecat dan tidak pernah juga berfikir KPK untuk menghentikan dengan hormat maupun tidak hormat," ungkapnya.

Artikel ini pernah tayang lengkap di VOI.ID dengan judul: Bagaimana Nasib Novel Baswedan dkk Usai Tak Lolos TWK?.

Selain nasib Novel Baswedan, ikuti berita dalam dan luar negeri lainnya hanya di VOI, Waktunya Merevolusi Pemberitaan!