Jarang Diketahui, Ini Beda Serum dan Esens Perawatan Wajah
Ilustrasi (Karolina Grabowska-Pexels´╗┐)

Bagikan:

MEDAN – Nama esens dan serum merupakan dua produk yang umum dalam rangkaian perawatan kecantikan wajah. Keduanya sama-sama punya kemiripan, yaitu bertekstur cair dan berfungsi untuk memperbaiki kondisi kulit.

Meski nampak serupa, sebenarnya esens dan serum punya fungsi berbeda. Keduanya bahkan bisa dipakai beriringan dalam rutinitas perawatan wajah harian demi memberikan hasil optimal.

Perbedaan Nyata Esens dan Serum Perawatan Kulit Wajah

1.     Esens

Bila dilihat dari segi tekstur, sebenarnya esens ini lebih cair dari serum. Bisa dibilang, esens merupakan produk gabungan antara toner dan serum.

Namun, bila toner dipakai untuk mengangkat sisa kotoran dan membersihkan wajah, esens digunakan untuk membantu penyerapan produk perawatan wajah selanjutnya.

Dengan kata lain, setelah menggunakan esens, produk berikutnya yang Anda pakai akan lebih mudah meresap dan bekerja lebih baik.

Untuk pemakaiannya, Anda bisa membersihkan wajah terlebih dahulu guna dengan facial wash, gunakan toner, lanjutkan dengan esens. Bisa dipakai pagi dan malam hari.

Kebanyakan esens mengandung gliserin, asam hialuronat, sejumlah vitamin. Fungsinya untuk menghidrasi kulit, mencerahkan, menenangkan iritasi atau kemerahan, serta membuat kulit lebih halus.

2.     Serum

Serum digunakan untuk mengatasi berbagai masalah kulit dengan target spesifik. Misalnya, mengatasi jerawat, kulit berminyak, kulit iritasi dan kemerahan, pencegahan penuaan dini, melembapkan bawah mata, meratakan warna kulit, hingga menyamarkan noda hitam.

Karena fungsinya beragam, kandungan serum pun tak semua sama. Mulai dari hyaluronic acid, ceramide, niacinamide, zinc, kojic acid, glicolic acid, peptide, dan berbagai jenis vitamin.

Meski sama-sama cair, sebenarnya tekstur serum sedikit lebih kental dibanding esens. Kebanyakan serum digunakan pada malam hari karena akan memberikan hasil maksimal saat Anda beristirahat dan tak menggunakan riasan.

Untuk penggunaannya, bisa dipakai setelah esens. Tunggu esens meresap dengan baik ke kulit, ditandai dengan kulit terasa lembap dan kenyal, pun tidak lengket. Setelah itu, barulah menggunakan beberapa tetes serum dan ratakan ke wajah.

Artikel ini pernah tayang di VOI.ID dengan judul: Perbedaan Nyata Serum dan Esens dalam Perawatan Wajah.

Selain beda serum dan esens perawatan wajah, ikuti berita dalam dan luar negeri lainnya hanya di VOI, Waktunya Merevolusi Pemberitaan!