Tips Mengatasi Tumit Pecah-Pecah dengan Beberapa Bahan Alami Berikut
Ilustrasi tumit pecah-pecah (Anastasia Shuraeva/Pexels)

Bagikan:

MEDAN - Apakah Anda memiliki tumit pecah-pecah? Selain mengganggu, tumit pecah-pecah bisa menurunkan rasa percaya diri, terutama saat mengenakan alas kaki terbuka.

Kondisi tumit pecah-pecah umumnya disebabkan karena cuaca yang panas. Saat panas, kulit kita cenderung berubah menjadi lebih kering.

Ditambah lagi jika Anda kurang melakukan perawatan pada daerah kaki, maka memperbesar peluang tumit menjadi pecah-pecah.

Tidak hanya cuaca, kurangnya asupan vitamin dalam tubuh juga menjadi faktor lain terkelupasnya kulit pada tumit.

Ada beberapa cara mengobati tumit pecah-pecah dengan cepat dan alami. Cara ini bisa Anda lakukan di rumah dan tidak memerlukan biaya yang mahal. Kalau Anda melakukan perawatan ini secara rutin, maka dengan sendirinya kulit tumitmu akan kembali halus seperti sedia kala.

Madu

Bukan cuman untuk kesehatan, madu juga berkhasiat untuk kecantikan. Selain digunakan untuk masker wajah, madu juga bisa Anda pakai untuk mengobati tumit pecah-pecah. Caranya, tinggal oleskan madu pada bagian tumit yang pecah dan diamkan selama 15 menit. Setelah itu bilas dengan air hangat. Lakukan perawatan menggunakan madu seminggu 3 kali untuk hasil yang maksimal.

Garam

Bumbu dapur serbaguna ini juga bisa Anda pakai untuk mengobati tumit pecah-pecah, lho. Tidak hanya itu, garam juga bisa melancarkan peredaran darah di bagian kaki. Caranya, cukup campurkan garam setengah cangkir ke air hangat di dalam baskom. Lalu rendam kaki kedalam larutan garam selama 10 menit.

Anda juga bisa pakai batu kali untuk menggosok bagian tumit agar kulit matinya terkelupas. Setelah 10 menit, keringkan kaki dan pakaikan lotion agar kaki tidak kering.

Pisang

Buah lezat yang satu ini juga bisa Anda gunakan sebagai bahan alami untuk menghilangkan tumit pecah-pecah, lho. Anda hanya perlu menghancurkan satu buah pisang matang menjadi pasta.

Selanjutnya pasta tersebut Anda oles di bagian tumit dan kaki yang kering. Setelah 10-15 menit, cuci kaki dengan air hangat, lalu rendam dengan air dingin selama 10 menit. Yakin deh kakimu langsung auto halus setelah melakukan treatment ini.

Alpukat

Selain enak diolah menjadi guacamole, alpukat juga punya manfaat baik untuk menjaga kelembaban pada kulit. Semua sel kulit mati yang menjadi penyebab kaki kusam, kering, dan pecah-pecah dijamin bakal langsung hilang seketika hanya dengan menggunakan alpukat.

Cukup haluskan alpukat, lalu balurkan secukupnya pada kaki yang kering dan pecah-pecah sambil dipijat halus. Tunggu sekitar 10-15 menit, lalu bilas kaki dengan air dingin hingga bersih.

Jeruk Nipis

Jeruk nipis juga merupakan bahan alami yang bisa Anda manfaatkan untuk menghilangkan kulit mati pada tumit.

Tapi bagi pemilik kulit sensitif, efek perih akan terasa saat melakukan perawatan menggunakan bahan alami ini. Sediakan 1-2 jeruk nipis tua, lalu belah menjadi dua bagian.

Gosokkan jeruk nipis pada kulit kaki yang kering serta pecah-pecah. Jika rutin dilakukan, Anda akan mendapat hasil yang memuaskan juga.

Artikel ini pernah tayang di VOI.ID dengan judul: Bahan-Bahan Alami yang Dapat Digunakan untuk Menghilangkan Tumit Pecah-pecah.

Selain tips mengatasi tumit pecah-pecah, ikuti berita dalam dan luar negeri lainnya hanya di VOI, Waktunya Merevolusi Pemberitaan!