Tips Menikmati Kopi dengan Cara Berbeda, Campurkan Beberapa Bahan Berikut
Ilustrasi berbagai campuran kopi (Unsplash/Nathan Dumlao)

Bagikan:

MEDAN - Anda penikmat kopi dan merasa selama ini ada yang kurang? Anda  ingin bereksplorasi dengan rasa kopi dicampur bahan lain selain krimer berikut daftarnya.

Beberapa studi mengenai kopi, mencampurnya dengan krimer terlalu sering tidak akan baik untuk kesehatan.

Apalagi mencampurnya dengan gula. Menurut Millie Wilson, seorang ahli diet, menambahkan kopi dengan susu dan krim dapat meningkatkan lemak hingga 500 kalori.

Jika Anda benar-benar ingin menikmati kopi dengan rasa berbeda, cobalah mengganti krimer dan 8 bahan di bawah ini.

1.     Cokelat

Mencampurkan cokelat dalam kopi akan memeroleh rasa unik. Pernah memesan chochocino di café langganan? Rasanya tak akan jauh berbeda dengan pesanan Anda. Maka campurkan seperempat batang cokelat yang mengandung cocoa 50 persen dan Anda akan merasakan sensasi berbeda ketika menyesapnya.

2.     Air kelapa muda

Penyajian kopi a la Vietnam ini akan menghasilkan sensasi segar. Terutama jika disajikan dingin, Anda bisa mencampurkan kelapa muda sekaligus daging buahnya sebagai topping.

3.     Madu

Bagi Anda yang tak asing dengan teh madu, bisa mengaplikasikan campuran madu dan kopi. The National Health dalam Nutrition Examination Survey menemukan bahwa rata-rata orang Amerika mengonsumsi 19,9 sendok teh gula dalam sehari.

Untuk menekan konsumsi gula, Anda bisa mencampurkan madu tanpa khawatir dengan rasa manisnya.

4.     Kuning telur

Alex Fergus, seorang instruktur dan blogger, merekomendasikan untuk mencampur kopi dengan kuning telur. Pilih kuning telur berkualitas atau dari telur ayam kampung untuk mendapatkan nutrisi baik. Kuning telur, menurut Fergus, adalah pengemulsi yang sangat baik. Artinya, kopi akan terasa lembut di mulut.

5.     Labu

Ahli gizi bersertifikat di PaleoPlan, Aimee McNew menyarankan untuk mencampurkan labu dalam kopi hitam. Campuran ini akan menghasilkan rasa unik dan tanpa kekhawatiran asam lambung membumbung.

6.     Lemon

Mendambakan kesegaran dalam segelas kopi, Anda bisa membuat kopi dingin dengan sedikit perasan air lemon. Rasa asam pada lemon dapat menetralisir rasa pahit kopi. Ditambah manfaat lemon yang kaya vitamin C dapat meningkatkan kekebalan tubuh.

Artikel ini pernah tayang di VOI.ID dengan judul: Selain Krimer, Ini 8 Bahan Campuran untuk Menikmati Kopi dengan Rasa Berbeda.

Selain tips menikmati kopi dengan cara berbeda, ikuti berita dalam dan luar negeri lainnya hanya di VOI, Waktunya Merevolusi Pemberitaan!