Cara Mengatur Ruang Penyimpanan dengan Fitur Terbaru Google Photos
Ilustrasi foto (Daniel Romero/Unsplash)

Bagikan:

MEDAN – Google telah berencana menghentikan layanan gratis dari fitur penyimpanan tak terbatas pada Google Photos. Hal tersebut membuat adan perubahan pada setiap foto yang Anda unggah pada aplikasi.

Ke depannya, tiap foto yang diunggah akan dihitung berdasarkan ukuran penyimpanan yang tersedia.

Ruang Penyimpanan Google Photo akan Digabungkan dengan Gmail

Nantinya, ruang penyimpanan Google Photo akan digabungkan dengan jatah yang sudah ditetapkan perusahaan untuk setiap akun Gmail. Yakni sebesar 15GB saja.

Saat ruang penyimpanan tidak lagi mencukupi, Google akan mengirimkan pemberitahuan agar Anda bisa segera berlangganan paket layanan. Sehingga, Anda bisa tetap menyimpan file pada penyimpanan Google dengan leluasa.

Ada keuntungan dan kerugian yang bakal pengguna dapatkan dari pengumuman tersebut. Di satu sisi, kenyamanan yang terlanjur didapat tak lagi bisa bebas digunakan. Di sisi lain, Google sudah menyiapkan fitur dukungan buat pengguna yang belum ingin berlangganan.

Google paham benar bahwa keputusannya tentu belum bisa diterima oleh seluruh pengguna. Oleh karena itu, perusahaan meluncurkan fitur pendukung yang bisa membantu pengguna dalam mengatur ruang penyimpanan.

Mengutip blog Google, alat ini bisa dipakai oleh siapapun. Baik akun premium maupun yang gratis. Melalui kehadiran fitur tersebut, Google berharap bisa membantu pengguna untuk mengurangi file tidak terpakai yang memenuhi ruang penyimpanan.

Nantinya, alat bantuan ini akan menunjukkan foto atau video yang tidak dibutuhkan. Misal, foto atau video yang hasilnya agak kabur, mengatur file berdasarkan kategori, gambar tangkapan layar yang lupa dihapus, dan masih banyak lagi.

“Alat manajemen penyimpanan akan menampilkan foto atau video yang mungkin ingin Anda hapus –seperti foto yang kabur, gambar tangkapan layar, serta video berukuran besar – sehingga Anda bisa membebaskan penyimpanan dalam jumlah besar,” tulis perusahaan via Blog Google, Senin, 24 Mei.

Di samping itu, perusahaan juga akan memberikan prediksi berapa lama sisa penyimpanan akan bertahan. Menurut Google, kapasitas 15GB gratis yang disediakan pada setiap akun hanya akan memenuhi kebutuhan pengguna selama tiga tahun saja. Tapi, hasilnya lebih variatif bergantung pada kegiatan serta kebutuhan masing-masing orang.

Maka dari itu, jika Anda merasa butuh layanan Google Photos, jangan terlalu perhitungan untuk mendaftar biaya berlangganan. Paket terendah dibanderol Rp26 ribu per bulan saja. Anda akan mendapatkan penyimpanan berkapasitas 100GB yang bebas dipakai untuk menyimpan beragam jenis file.

Artikel ini pernah tayang di VOI.ID dengan judul: Makin Mudah Atur Ruang Penyimpanan di Smartphone dengan Fitur Terbaru Aplikasi Foto Google.

Selain cara mengatur ruang penyimpanan dengan fitur terbaru Google, ikuti berita dalam dan luar negeri lainnya hanya di VOI, Waktunya Merevolusi Pemberitaan!