Merawat Tanaman Hias dalam Rumah, Praktis dan Mudah Dilakukan
Ilustrasi intensitas cahaya matahari yang dibutuhkan tanaman hias indoor (Unsplash/Kate Darmody)

Bagikan:

MEDAN - Akhir-akhir ini merawat tanaman hias menjadi tren dan hobi yang dilakukan untuk mendekorasi rumah. Namun untuk membuat tanaman tetap tumbuh subur dalam ruangan, Anda perlu mengetahui di mana tempat yang pas meletakkannya.

Bagaimana Mengetahui Kecocokan Tanaman dalam Ruangan?

Pas tidaknya tempat bisa diukur lewat intensitas cahaya yang dibutuhkan tanaman tersebut. Hampir semua tanaman membutuhkan cahaya matahari untuk berfotosintesis.

Selain itu, cahaya matahari cukup dibutuhkan tanaman untuk mengurangi lembab, tidak mudah terinfeksi jamur, dan pertumbuhan akar, batang, maupun daun.

Dikutip dari The Spruce, Rabu, 29 September, ada juga tanaman indoor yang tidak memerlukan paparan sinar matahari. Namun tanaman tersebut membutuhkan cahaya. Laman ini merekomendasikan untuk memakai aplikasi yang bisa mengukur intensitas cahaya dalam ruangan.

  1. Letakkan Dekan Jendela

Rekomendasi selanjutnya, letakkan tanaman di sekitar jendela. Tetapi tetap perlu mengukur seberapa besar jendela, arah mata angin, dan barang-barang yang diletakkan di jendela.

Arah jendela menghadap timur cenderung aman untuk meletakkan tanaman hias di dalam ruangan berjarak kurang lebih satu meter dari daun jendela. Agar tanaman bisa menyerap paparan matahari pagi hingga siang yang menembus jendela.

Untuk jendela yang mengarah ke utara maupun selatan, perlu meletakkan tanaman lebih dekat atau mengukur kemiringan sisi yang pas supaya tanaman indoor tetap bisa terpapar sinar matahari.

  1. Mengatur Cahaya Masuk

Namun perlu mempertimbangkan barang-barang di sekitar jendela dan tanaman. Jangan sampai tanaman menutupi seluruhnya cahaya matahari yang masuk rumah. Sebaliknya, jangan sampai matahari tidak mendapatkan cahaya cukup sehingga pertumbuhannya melambat, layu hingga menguning.

Pencahayaan alami dari matahari penting sekali untuk menjaga keseimbangan kelembapan ruang. Menurut feng shui, cahaya matahari merupakan sumber kehidupan sehingga perlu mempertimbangkan tetap tercukupi.

  1. Gantung Tanaman

Apabila rumah Anda kurang terpapar matahari atau paparan matahari terhalang oleh tembok terlalu tinggi, maka letakkan tanaman hias dalam ruangan dekat dengan jendela. Bisa juga meletakkannya dengan digantung menghias jendela.

Jika tidak memungkinkan mendapatkan paparan cahaya cukup dari matahari, Anda bisa memilih tanaman yang lebih tahan hidup di ruang gelap. Bisa juga dengan menjemur setiap pagi setelah menyiraminya.

Artikel ini pernah tayang di VOI.ID dengan judul: Merawat Tanaman Hias dalam Ruangan, Ketahui Intensitas Cahaya Matahari yang Dibutuhkan

Selain Merawat Tanaman Hias dalam Rumah, ikuti berita dalam dan luar negeri lainnya hanya di VOI, Waktunya Merevolusi Pemberitaan!