Ekspor Lemak dan Minyak Hewan/Nabati dari Sumut Ternyata Capai 3,258 Miliar Dolar AS
Ilustrasi ekspor (Pixabay)

Bagikan:

MEDAN - Badan Pusat Statistik (BPS) Provinsi Sumatera Utara (Sumut) telah mencatat nilai ekspor lemak dan minyak hewan/nabati per Agustus 2021 mencapai 3,258 miliar dolar AS atau naik 71,69 persen dibandingkan periode sama 2020 sebesar 1,897 miliar.

"Peningkatan nilai ekspor lemak dan minyak hewan/nabati didorong kenaikan volume dan harga jual barang ekspor," kata Kepala Badan Pusat Statistik (BPS) Sumut, Syech Suhaimi di Medan, dilansir Antara, Sabtu, 2 Oktober.

Total Ekspor Provinsi Sumut Capai 7,533 miliar dolar AS

Suhaimi menjelaskan, dengan nilai ekspor sebesar3,258 miliar dolar AS, kontribusi golongan barang itu ke total nilai ekspor Sumut di semester I 2021 sudah 43,25 persen.

Dia menyebutkan, total nilai ekspor Sumut pada sudah mencapai 7,533 miliar dolar AS.

Sekretaris Eksekutif Gabungan Pengusaha Kelapa Sawit Indonesia (Gapki) Sumut, Darma Sucipto, mengatakan, harga ekspor minyak sawit mentah atau CPO terus meningkat.

Harga CPO di September sudah di kisaran Rp12.594 dari Januari yang masih rata-rata Rp9.746 per kilogram,.

Kenaikan harga ekspor karena permintaan tren terus meningkat di tengah kekhawatiran stok yang menipis.

 

Artikel ini pernah tayang di VOI.ID dengan judul: Kabar Baik dari Sumut, Nilai Ekspor Lemak dan Minyak Hewan/Nabati Mencapai 3,258 Miliar Dolar AS

Selain Ekspor Lemak dan Minyak Hewan/Nabati dari Sumut, ikuti berita dalam dan luar negeri lainnya hanya di VOI, Waktunya Merevolusi Pemberitaan!