Mengapa Jean-Paul Sartre Menolak Penghargaan Nobel?
Jean-Paul Sartre dan Simone de Beauvoir (Foto: Wikimedia Commons)

Bagikan:

MEDAN - Meskipun penghargaan nobel sangat bergengsi dan banyak hadiahnya, namun Jean-Paul Sartre adalah orang pertama yang menolaknya.

Sartre adalah satu-satunya orang yang menolak Penghargaan Nobel di bidang sastra dan diketahui secara sukarela menolak penghargaan tersebut.

Karena Sartre menolak, pada akhirnya pada 1958, seorang penulis asal Rusia Boris Pasternak dinobatkan sebagai penerima Nobel di bidang sastra. Dia awalnya menerimanya, tetapi kemudian menolaknya karena otoritas negaranya menolaknya.

Pada 1973, revolusioner, diplomat dan politikus Vietnam, Le Duc Tho, dianugerahi Nobel Perdamaian untuk perannya sebagai kepala negosiator Vietnam dalam Kesepakatan Perdamaian Paris. Ia dianugerahi penghargaan tersebut bersama rekannya dari Amerika Serikat, Henry Kissinger. Kissinger menerima penghargaan tersebut, namun Le Duc Tho menolaknya.

“Perdamaian belum benar-benar terwujud di Vietnam Selatan. Dalam keadaan seperti ini, tidak mungkin bagi saya untuk menerima Hadiah Nobel Perdamaian 1973 yang telah diberikan komite kepada saya.” ujar Le Duc Tho, mengutip Chao Hanoi. Dengan perang yang tidak secara resmi berakhir sampai jatuhnya Saigon pada 1975, alasan Tho untuk tidak menerima Nobel sangat masuk akal.

Pemberian penghargaan tersebut juga menimbulkan kontroversi yang cukup besar. Argumen terbesar terhadap kedua penerima Nobel adalah bahwa Kesepakatan Perdamaian Paris tidak secara langsung mengakhiri Perang Vietnam, tetapi hanya menyetujui gencatan senjata dan bagi Amerika Serikat untuk menarik semua pasukan dan pangkalan militernya dari Vietnam.

Argumen lainnya adalah Le Duc Tho dan Henry Kissinger bertanggung jawab atas dimulai dan diakhirinya perang, sehingga gelar perdamaian tidak cocok untuk mereka. Dua anggota Komite Penghargaan Nobel bahkan mengundurkan diri sebagai protes terhadap disertakannya Le Duc Tho dan Henry Kissinger.

Artikel ini pernah tayang di VOI.ID dengan judul:  Jean-Paul Sartre Jadi Orang Pertama yang Menolak Penghargaan Nobel dalam Sejarah Hari Ini, 22 Oktober 1964

Selain Mengapa Jean-Paul Sartre Menolak Penghargaan Nobel, ikuti berita dalam dan luar negeri lainnya hanya di VOI, Waktunya Merevolusi Pemberitaan!