Alasan DPR Belum Bisa Gelar Fit and Proper Tes Calon Panglima TNI Jenderal Andika
KSAD Jenderal Andika Perkasa/Antara

Bagikan:

MEDAN - Rapat internal akan segera digelar oleh Komisi I DPR guna membahas waktu pelaksanaan fit and propert tes calon panglima TNI Jenderal Andika Perkasa pada siang nanti, Kamis, 4 November, pukul 14.00 WIB.

Ketua Komisi I DPR Meutya Hafid menyambut baik Surat Presiden Joko Widodo yang mengajukan Jenderal Andika Perkasa sebagai calon Panglima TNI dikarenakan memiliki profesionalitas dan integritas yang baik untuk memimpin TNI.

Alasan Ditunda Fit and Proper Tes Calon Panglima TNI Jenderal Andika

Meski demikian, Meutya menyiratkan bahwa fit and proper test Jenderal Andika belum akan digelar pada Kamis hari ini, 4 November 2021. Sebab, Komisi I bakal menggelar rapat internal terlebih dulu pada pukul 14.00 WIB.

"Rapat internal yang diikuti seluruh anggota Komisi satu akan memutuskan kapan fit and proper test diadakan," ujar Meutya dalam keterangan tertulis, Rabu, 3 November.

Politikus Golkar itu menyatakan, Komisi I DPR perlu waktu untuk memverifikasi dokumen calon panglima TNI serta kemungkinan verifikasi aktual sebagai bagian dalam proses fit and proper test.

"Semangat Komisi I tentu lebih cepat lebih baik dengan memperhatikan semua tahapan yang perlu dilalui secara lengkap," katanya.

Meutya mengatakan, hingga pukul 18.00 WIB semalam Komisi I belum menerima surat penugasan dari Badan Musyawarah DPR untuk segera menindaklanjuti proses pergantian Panglima TNI.

"Jadi kami masih menunggu," kata Meutya.

Sebelumnya, Ketua DPR Puan Maharani menyebutkan fit and proper tes calon panglima TNI bakal mulai digelar pada hari ini atau besok.

"Begitu Surpres diterima, Bamus DPR langsung menggelar rapat dan menjadwalkan fit and proper tes calon Panglima TNI besok Kamis sampai Jumat," kata Puan di Gedung DPR, Rabu, 3 November.

Artikel ini pernah tayang di VOI.ID dengan judul: Rapat Internal, Komisi I DPR Belum Bisa Gelar Fit and Proper Tes Calon Panglima TNI Jenderal Andika

Selain Fit and Proper Tes Calon Panglima TNI Jenderal Andika, ikuti berita dalam dan luar negeri lainnya hanya di VOI, Waktunya Merevolusi Pemberitaan!