Perangi Virus Ransomeware, Amerika Serikat Gandeng Israel
Ilustrasi. (Unsplash/Irvan Smith)

Bagikan:

MEDAN - Terkait dengan serangan virus ransomware yang semakin meresahkan, Departemen Keuangan Amerika Serikat mengumumkan rencana kerja sama dengan Israel. Mereka diketahui akan meluncurkan satuan tugas (Satgas) bersama untuk mengatasi keamanan siber.

Terbaru, gugus tugas akan mengembangkan nota kesepahaman yang mendukung berbagi informasi terkait dengan sektor keuangan, termasuk peraturan keamanan siber dan intelijen ancaman, kata Departemen Keuangan Amerika Serikat, mengutip Reuters 15 November.

Didasari oleh Pertemuan Virtual tentang Virus Ransomware

Pengumuman tersebut menyusul pertemuan virtual tentang ransomware yang diadakan di Gedung Putih pada Bulan Oktober dengan Uni Eropa dan lebih dari 30 negara, termasuk Israel.

Wakil Menteri Keuangan Wally Adeyemo kemudian meminta kerja sama internasional untuk mengatasi penyalahgunaan mata uang virtual dan mengganggu model bisnis ransomware.

Nantinya, kemitraan ini mengikuti langkah-langkah yang diambil untuk memerangi lonjakan ransomware yang telah menyerang beberapa perusahaan besar Amerika Serikat, termasuk serangan terhadap pipa bahan bakar terbesar di Amerika Serikat yang melumpuhkan pengiriman bahan bakar selama beberapa hari.

Satuan tugas Ameria Serikat-Israel yang lebih luas juga diluncurkan pada Hari Minggu untuk mengatasi masalah yang berkaitan dengan fintech dan keamanan siber, sebut Departemen Keuangan Amerika Serikat.

"Adeyemo bertemu dengan Menteri Keuangan Israel Avigdor Lieberman dan Direktur Jenderal Direktorat Siber Nasional Yigal Unna di Israel pada hari Minggu untuk menjalin kemitraan bilateral," kata departemen itu dalam sebuah pernyataan, mengutip Reuters 15 November.

Untuk diketahui, awal bulan ini, Departemen Kehakiman Amerika Serikat mendakwa seorang warga negara Ukraina dan seorang Rusia dalam salah satu serangan ransomware terburuk terhadap target Amerika.

Artikel ini pernah tayang di VOI.ID dengan judul: Amerika Serikat Gandeng Israel Bentuk Satgas Bersama untuk Perangi Serangan Ransomeware

Selain Virus Ransomeware, ikuti berita dalam dan luar negeri lainnya hanya di VOI, Waktunya Merevolusi Pemberitaan!