Bobby Nasution akan Sulap arsitektur Kesawan Medan Bergaya Zaman Belanda
Wali Kota Medan Bobby Nasution (FOTO VIA ANTARA)

Bagikan:

MEDAN - Wali Kota Medan Bobby Nasution mengaku akan menyulap dengan cara menata untuk mengembalikan arsitektur Kota Lama Kesawan seperti desain bergaya pada zaman Belanda.

"Nanti kawasan Kesawan akan mengusung konsep bangunan tua bergaya campuran antara arsitektur Eropa, Melayu, dan Tiongkok yang kaya nilai artistik dan sejarah," ujar Bobby Nasution di Medan dikutip Antara, Selasa, 7 Desember.

Untuk mendukung keinginan tersebut, katanya, maka organisasi perangkat daerah (OPD) terkait di lingkungan Pemkot Medan diminta menyiapkan detail perencanaan Kota Lama Kesawan.

Bobby mengungkapkan bangunan tua di kawasan ini akan disediakan selasar-selasar dan arcade pertokoan untuk para pejalan kaki.

"Secara fungsi akan memberikan manfaat kepada masyarakat sehingga mereka merasa aman dan nyaman, khususnya bagi wisatawan yang mengunjungi Kota Lama Kesawan," terang Wali Kota Medan.

Sementara itu, Kadis Perumahan Kawasan Permukiman dan Penataan Ruang Kota Medan, Endar Sutan Lubis, mengaku keindahan dan nilai estetika di Kota Lama Kesawan akan dilakukan dengan "ducting utility" (pembenahan kabel jaringan).

Dengan "ducting utility", terang dia, maka seluruh jaringan kabel nantinya akan dimasukkan ke dalam tanah sehingga tidak semrawut seperti saat ini.

"Nantinya 'ducting utility' ini akan dikerjakan bersamaan dengan perencanaan drainase Kota Lama kesawan. Pengerjaannya akan dilakukan bersamaan dengan penataan fisik," ujar Endar.