Masih Ingat dengan Aprilio Perkasa, Prajurit TNI AD yang Kini Menjadi Pria Tulen
Aprilio Perkasa Manganang (Foto: manganang92)

Bagikan:

MEDAN - Aprilia Santini Manganang memang pernah populer sebagai atlet bola voli putri. Namun karena penampilan fisiknya gagah banyak yang mengira dia adalah seorang pria.

Berbagai cara dilakukan Aprilia agar menyakinkan bahwa dirinya seorang wanita hingga takdir membawanya menjadi pria sejati bernama Aprilio Perkasa Manganang.

Terlahir dengan kelainan hipospadia, bidan yang membantu persalinannya menyatakan Aprilia adalah seorang wanita. Dia pun mengikuti stigma yang sudah dilekatkan padanya. Apalagi kelamuan Aprilia memang ada kelainan dimana ukuran penisnya lebih kecil dari normal, 4 cm panjang, diameter hampir 2 cm.

Ukuran Penis Aprilio Perkasa Lebih Kecil dari Normal

Dalam sidang permohonan pergantian nama Sersan Dua (Serda) Aprilia Santini Manganang menjadi Aprilio Perkasa Manganang di Pengadilan Negeri (PN) Tondano, fakta itu terkual. "Saya dapatkan kantong buah zakar/testis dua, kanan-kiri, kemudian saluran tek terdapat dalam ujung penis tapi berada di bawah kantong kemaluan buah zakar," kata Ketua Majelis Hakim PN Tondano Nova Loura Sasube pada Jumat, 19 Maret lalu.

Kelainan hipospadia yang dialami Manganang ini bertipe skrotalis sehingga dia harus buang air kecil dengan cara berjongkok karena lubang saluran penis terdapat di bagian bawah.

Hal inilah yang lantas membuat orang tuanya yakin, Aprilia adalah wanita. “Organ genital tidak khas organ laki-laki cara jelas, kencing jongkok, keluarga menganggap dia perempuan,” ungkapnya.

Meski disebut sebagai wanita, namun, dia tidak pernah mengalami haid atau menstruasi. Hal ini juga dipaparkan oleh Guntoro dalam persidangan tersebut.

“Aprilia tidak pernah haid atau menstruasi. Jadi dia tidak punya rahim. Setelah pemeriksaan fisik dilanjutkan dengan pemeriksaan untuk memperkuat dengan MRI, memeriksa organ dalam, rongga panggul, dan di situ tidak ditemukan rahim indung telur atau vagina,” katanya.

Untuk menyakinkan teman-temannya bahwa Aprilia adalah wanita, dia berbohong. Meskipun tak tak memiliki payudara pada umumnya, ia sampai menggunakan tissue untuk menyumpal BH yang dikenakannya.

"Jadi kalau tanding pakai BH kan. Karena nggak punya payudara, jadi diisi tissue. Nah pas smash pernah BH naik ke atas. Aku nggak enak banget dan malu akhirnya minta time out. Saat tim berkumpul aku tarik BH ke bawah," ujar Aprilio dikutip dari Kanal YouTube Deddy Corbuzier dikutip Kamis, 9 Desember.

Bukan cuma soal payudara, Aprilio juga berbohong soal haid. "Gue sebagai wanita gue merasa wanita. Tapi kok gue ngerasa berbeda ya, nggak ada payudara, setiap bulan menstruasi gue kan nggak ada. Kalau liga suka ditanya, lagi haid apa nggak? Gue kalau ditanya ya gue menutupi kadang ada kadang nggak. Kalau perbandingan antara haid berapa lama? Gue bilang 2 minggu terus sisanya pendarahan," ungkap Aprilio Perkasa.

Kini, Aprilio Perkasa tampil gagah sebagai prajurit Angkatan Darat. Secara fisik dan status hukum, Aprilio adalah lelaki tulen. Dia kerap membagikan foto terbarunya yang membuat warganet kagum.

28 menjalani peran sebagai wanita tentu bukan perkara mudah. Terlebih kala itu Aprilio Manganang tetap menjadi sosok atlet yang berprestasi. "Tidak gampang untuk berada sampai detik ini," tulis Aprilio Perkasa Manganang, Jumat, 10 Desember.

 

 

Artikel ini pernah tayang di VOI.ID dengan judul: 6 Foto Aprilio Perkasa: Tabah Sebagai Wanita, Gagah Ketika Menjadi Pria

Selain Aprilio Perkasa, ikuti berita dalam dan luar negeri lainnya hanya di VOI Sumut, Berita Sumatera Utara Terkini!