Naik Kereta Api di Sumut, KAI Operasikan KA Sribilah Jelang Natal dan Tahun Baru
Penumpang KA bersiap menaiki kereta api di Stasiun KA Medan, Senin (20/12/2021). ANTARA/Evalisa Siregar

Bagikan:

MEDAN - Dalam rangka Natal dan Tahun Baru, PT KAI Divisi Regional I Sumatera Utara mengoperasikan Kereta Api (KA) Sribilah relasi Medan – Rantauprapat (pergi-pulang).

Kereta api akan beroperasi setiap hari sejak 17 Desember 2021 hingga 4 Januari 2022 untuk memenuhi perkiraan peningkatan permintaan para periode Natal dan Tahun Baru 2022.

"Sebelumnya, KA Sribilah hanya beroperasi pada hari-hari tertentu saja akibat pandemi COVID-19, " ujar Vice President PT KAI Divre I SU, Yuskal Setiawan di Medan, dilansir dari Antara, Senin 20 Desember.

Ia menjelaskan, meski ada penambahan kapasitas KA, pihaknya konsisten menerapkan protokol kesehatan secara disiplin pada layanan KA sesuai ketentuan dari pemerintah agar masyarakat merasa aman dan nyaman.

Kereta Api di Sumut, 32 Perjalanan

Dia menjelaskan, PT KAI Divre I Sumut mengoperasikan 32 perjalanan KA dengan rincian delapan perjalanan KA antarkota dan 24 perjalanan KA lokal.

Untuk perjalanan KA antarkota, KAI menyediakan rata-rata 3.230 tiket per hari untuk mengantisipasi kebutuhan dari masyarakat yang akan bepergian.

"Kalau ditotalkan dengan KA lokal, ada 15.526 tiket yang disediakan tiap harinya pada masa Natal dan Tahun Baru 2022," ujarnya.

Menurut Yuskal, saat ini sudah ada peningkatan penumpang, meski secara umum tiket yang terjual masih di bawah 30 persen dari kursi yang disediakan.

"Jumlah penumpang diprediksi akan terus bergerak naik," katanya.

Selain meningkatkan ketersediaan kursi, KA Divre I Sumut juga semakin memaksimalkan layanan di stasiun dan di atas KA sesuai protokol kesehatan pencegahan COVID-19.

Ada pun dari sisi sarana, PT KAI Divre I Sumut menyiapkan 25 lokomotif dan 62 kereta guna mendukung operasional angkutan Natal dan Tahun Baru 2022.

Sedangkan dari sisi prasarana, telah disiapkan skenario pengamanan perjalanan KA dengan memetakan alat material untuk siaga (AMUS) khususnya di daerah rawan seperti di jembatan.

Selain Kereta Api di Sumut, ikuti berita dalam dan luar negeri lainnya hanya di VOI Sumut, Berita Sumatera Utara Terkini!