Ekspor Bahan Mentah Tambang Indonesia akan Dihentikan Pemerintah
Presiden Joko Widodo (DOK BEI)

Bagikan:

MEDAN - Soal ekspor bahan mentah tambang Indonesia, Presiden Joko Widodo (Jokowi) mengatakan, keberanian pemerintah menghentikannya.

Menurut Jokowi penghentian ekspor bahan mentah tambang membuahkan dampak positif terhadap neraca perdagangan. Jokowi minta kebijakan terus dilanjutkan.

"Keberanian kita men-setop itu (ekspor bahan mentah bijih nikel) hasilnya kelihatan. Oleh karena itu kita lanjutkan setop bauksit, tembaga, timah, dan lain-lain,” kata Jokowi saat membuka Perdagangan Bursa Efek Indonesia Tahun 2022 di Jakarta, Antara, Senin, 3 Januari.

Ekspor Bahan Mentah Tambang Indonesia Dihentikan, Pemerintah Surplus

Indonesia telah memperoleh surplus neraca perdagangan selama 19 bulan berturut-turut. Merujuk data Badan Pusat Statistik (BPS), neraca perdagangan Indonesia sejak Januari 2021-November 2021, surplus 34 miliar dolar AS.

Kemudian, sambung Jokowi, nilai ekspor Indonesia naik 49,7 persen secara tahunan (year on year/yoy) per November 2021, dan impor yang termasuk bahan baku penolong, juga naik 52,6 persen.

"Ekspor kita kenapa naik? Salah satunya karena kita hentikan ekpsor raw material, bahan mentah dari mineral batu bara kita yaitu nikel. Yang saya lihat 1-2 miliar dolar AS akhir tahun, kemarin hampir 21 miliar, atau 20,8 miliar dolar AS,” jelas Jokowi.

Jokowi menekankan hilirisasi industri akan menjadi kunci kenaikan ekspor Indonesia. Sejalan dengan itu, daya saing perekonomian Indonesia juga meningkat.

“Dan kalau kita lihat ranking competiveness kita juga naik tiga peringkat. Dalam posisi yang sangat berat di 2021, kita bisa niak 3 peringkat ini juga kita patut syukuri,” ujar Presiden.

Pemerintah memberlakukan larangan ekspor bijih nikel sejak 1 Januari 2020, sebagaimana tertuang dalam Peraturan Menteri ESDM Nomor 11 Tahun 2019 tentang Perubahan Kedua Atas Permen ESDM Nomor 25 Tahun 2018 tentang Pengusahaan Pertambangan Mineral dan Batubara.

Jika bijih nikel diolah menjadi produk hilir seperti feronikel maka nilai tambah komoditas tersebut dapat mencapai 14 kali, dan jika menjadi billet stainless steel dapat mencapai 19 kali.

Pemerintah berencana melanjutkan kebijakan penghentian ekspor bahan mentah tambang untuk bauksit pada tahun 2022, dan selanjutnya tembaga, dan lainnya

Artikel ini pernah tayang di VOI.ID dengan judul: Setop Ekspor Bahan Mentah Tambang Buahkan Hasil, Jokowi Minta Bauksit, Tembaga, Timah Ikut Menyusul

Selain Ekspor Bahan Mentah Tambang Indonesia, ikuti berita dalam dan luar negeri lainnya hanya di VOI Sumut, Berita Sumatera Utara Terkini!