Perwira Tentara Inggris Ini Menjadi Wanita Sikh Pertama yang Menyelesaikan Ekspedisi Solo ke Kutub Selatan
Preet Chandi. (Twitter/@PreetChandi10)

Bagikan:

JAKARTA - Perwira tentara Sikh kelahiran Inggris Preet Chandi, menjadi wanita kulit berwarna pertama yang menyelesaikan ekspedisi solo ke Kutub Selatan.

Chandi, yang telah menghabiskan beberapa bulan terakhir bermain ski sendirian dan tanpa bantuan di Antartika, mengumumkan pada 3 Januari diri telah menyelesaikan perjalanan 700 mil dalam 40 hari.

"Merasa begitu banyak emosi sekarang," kata Chandi, melalui blognya, seperti mengutip CNN 4 Januari.

Sebelum berangkat dalam perjalanannya pada November 2021, Chandi yang berusia 32 tahun mengatakan kepada CNN, dia berharap petualangannya akan menginspirasi orang lain untuk mendorong batas-batas mereka dan menentang norma-norma budaya.

Ini adalah sentimen yang Chandi tegaskan dalam unggahan blog garis finishnya.

"Ekspedisi selalu tentang lebih dari saya," membaca update 3 Januari-nya. "Saya ingin mendorong orang untuk mendorong batas-batas mereka dan untuk percaya pada diri mereka sendiri, dan saya ingin Anda dapat melakukannya tanpa dicap sebagai pemberontak."

Memulai ekspedisinya pada 7 November 2021, Chandi terbang ke Chili dan kemudian berangkat dari Hercules Inlet Antartika. Sepanjang jalan, dia mengangkut kereta luncur seberat 90 kilogram (hampir 200 pon), bahan bakar dan makanan untuk bertahan sekitar 45 hari.

Chandi, yang menggunakan julukan "Polar Preet" untuk blognya dan upaya penggalangan dananya, menghabiskan dua setengah tahun untuk mempersiapkan ekspedisi yang melelahkan itu.

Dia menjalani pelatihan ceruk di Pegunungan Alpen Prancis, berjalan kaki melintasi Gletser Langjökull Islandia dan bertahan selama 27 hari di atas lapisan es di Greenland. Belum lagi bulan-bulan yang dia habiskan menyeret ban yang berat di belakang rumahnya di Inggris, untuk mensimulasikan menarik kereta luncur.

preet chandi
Preet Chandi di Kutub Selatan. (Instagram/@polarpreet)

Selama perjalanannya, satu-satunya kontak Chandi dengan dunia luar adalah melalui check-in harian dengan tim dukungannya, yang mengunggah pembaruan di blog dan Instagram-nya.

Pesan-pesan ini mengulangi skala tantangan Chandi saat dia bertahan melalui penyakit, isolasi dan cuaca yang sangat dingin.

Chandi mendedikasikan setiap unggahan dari Antartika kepada orang-orang yang telah mendukungnya selama ini. Unggahan pertamanya didedikasikan untuk mendiang kakeknya, sementara teman dekatnya pergi ke beberapa teman dekat, dengan Chandi menggunakan kesempatan untuk meminta mereka menjadi pengiring pengantinnya.

Sebelumnya, wanita lain telah bermain ski ke Kutub Selatan, dengan Liv Arnesen dari Norwegia yang pertama di dunia melakukan perjalanan sendirian dan tanpa bantuan pada tahun 1994. Namun Chandi, yakin dia adalah wanita kulit berwarna pertama yang melakukannya sendirian dan tidak didukung.

"Saya sangat berharap ini menginspirasi orang, saya berharap saya melakukan sesuatu yang sangat jauh dari zona nyaman saya, akan menginspirasi orang untuk mendorong zona nyaman mereka dan mendorong batas-batas mereka," ujar Chandi kepada CNN pada Bulan November.

Saat mempersiapkan ekspedisinya, yang dilakukan sebagai bagian dari dinas militer aktifnya, Chandi menjadi semakin sadar betapa pentingnya bagi kaum muda untuk melihat seseorang seperti dia sebagai panutan.

"Saya bukan gambaran yang saya nilai orang harapkan untuk lihat, bahkan saat ini. Saya diberitahu bahwa 'Anda tidak benar-benar terlihat seperti penjelajah kutub," ujarnya.

Sekembalinya dari Antartika, Chandi berencana untuk membuat 'hibah petualangan' bagi wanita menggunakan setengah dari uang yang dikumpulkan melalui Go Fund Me untuk perjalanan kutubnya. Ini akan terbuka untuk wanita dari segala usia atau latar belakang, katanya.

"Bisa untuk petualangan apa pun, petualangan unik apa pun yang ingin mereka lakukan yang mendorong semacam batas. Tidak harus ekspedisi kutub. Dan saya sangat berharap ini adalah sesuatu yang akan terus berlanjut, tahun demi tahun," pungkasnya.