Total Vaksinasi Anak di Sumatera Utara Capai 10,6 Persen
Sekretaris Dinas Kesehatan Provinsi Sumut dr Aris Yudhariansyah. (ANTARA/Nur Aprilliana Br Sitorus)

Bagikan:

MEDAN - Vaksinasi COVID-19 untuk anak kelompok usia 6-11 tahun di Provinsi Sumatera Utara hingga saat ini sudah mencapai 10,6 persen dari total sasaran 1.616.233 anak di daerah tersebut.

"Capaian vaksinasi anak usia 6 hingga 11 tahun di Sumut sudah 10,6 persen untuk dosis I," kata Sekretaris Dinas Kesehatan Provinsi Sumut dr Aris Yudhariansyah di Medan, Senin (10/1).

Aris mengatakan bahwa Provinsi Sumut telah menerima sebanyak 162.120 dosis vaksin yang diperuntukkan bagi anak usia 6-11 tahun.

Diberikan Jenis Vaksin Sinovac

"Sebanyak 548.240 dosis vaksin masih dalam pengiriman dari Kementerian Kesehatan," ujarnya.

Adapun jenis vaksin yang digunakan untuk anak usia 6-11 tahun ini adalah vaksin jenis Sinovac sebanyak dua dosis dengan interval 28 hari di lengan kiri atas.

"Kemudian Intra Muscular (IM) sebanyak 0,5 ml dengan menggunakan format skrining khusus anak yang terlampir di KMK. No.HK. 01.07/Menkes/6688/2021 tentang Pelaksanaan Vaksinasi COVID-19 bagi anak usia 6-11 Tahun," jelas Aris.

Ia menambahkan, saat ini sudah 27 kabupaten dan kota di wilayah tersebut yang telah memenuhi syarat vaksinasi COVID-19 tahap pertama bagi anak usia 6 tahun hingga 11 tahun.

Ke-27 kabupaten dan kota tersebut yakni Nias Selatan, Nias Barat, Nias Utara, Nias, Padang Lawas Utara, Serdang Bedagai, Binjai, Asahan, Tanjung Balai, Tapanuli Tengah.

Kemudian, Mandailing Natal, Tapanuli Selatan, Simalungun, Langkat, Batubara, Labuhan Batu Utara, Labuhan Batu Selatan dan Tebingtinggi.

Selanjutnya, Tapanuli Utara, Samosir, Humbang Hasundutan, Dairi, Karo, Pakpak Bharat, Toba, Pematangsiantar dan Sibolga.

Selain Vaksinasi Anak di Sumatera Utara, ikuti berita dalam dan luar negeri lainnya hanya di VOI Sumut, Berita Sumatera Utara Terkini!