Susah Tidur, Alasan Komika Fico Fachriza 6 Tahun Konsumsi Tembakau Sintetis
Polisi menetapkan komika Fico Fachriza sebagai tersangka. Penetapan status tersangka ini berdasarkan bukti tembakau sintetis seberat 1,45 gram/FOTO: Rizky Adytia-VOI

Bagikan:

JAKARTA - Polisi menyebut alasan Fico Fachriza mengonsumsi tembakau sintetis karena sulit tidur. Komika ini disebut telah 6 tahun mengonsumsi narkotika.

"Mengonsumsi sendiri dengan alasan sulit untuk tidur, alasannya untuk membantunya mudah tidur," ujar Kabid Humas Polda Metro Jaya Kombes E. Zulpan kepada wartawan, Jumat, 14 Januari.

Dari hasil pemeriksaan, Fico mengaku telah lama mengonsumsi tembakau sintetis. Dia sudah menjadi pemakai sejak 2016.

"Dari keterangan yang bersangkutan bahwa saudara FF ini sudah lama mengonsumsi narkotika jenis tembakau sintetis ini sejak tahun 2016," kata Zulpan.

Sementara itu, Wadir Narkoba Polda Metro Jaya AKBP Donny Alexander mengatakan dari pemeriksaan juga terungkap Fico membeli tembakau sintentis secara online. Sosok penjual pun telah dikantongi identitasnya.

"Memesan pada satu orang ini aja membeli seharaga Rp300 ribu," kata Donny.

Ada pun, Fico Fachriza telab ditetapkan sebagai tersangka. Di mana, penetapan ini berdasarkan bukti tembakau sintetis seberat 1,45 gram.

Dalam kasus ini, Fico Fachriza dijerat dengan pasal berlapis. Di antaranya, Pasal 112 ayat 1 subsider Pasal 127 ayat 1 huruf a Undang-Undang Republik Indonesia Nomor 35 tahun 2009 tentang Narkotika.

Fico Fachriza terancam sanksi pidana penjara paling singkat 4 tahun dan atau paling lama 12 tahun.