Revitalisasi Lapangan Merdeka, Bobby Nasution Pikirkan Masa Depan Pedagang Buku
Wali Kota Medan Bobby Nasution/FOTO: Satria H-VOI

Bagikan:

MEDAN -  Wali Kota Medan Bobby Nasution menegaskan pihaknya menyiapkan perencanaan revitalisasi Lapangan Merdeka, termasuk anggarannya.

Saat ini, kata Bobby Nasution, Pemko Medan tengah memikirkan dan menyiapkan relokasi bagi para pedagang yang selama ini melakukan kegiatan ekonomi di kawasan lapangan bersejarah tersebut. Terutama, pedagang buku bekas.

Hal itu disampaikan Bobby Nasution saat raat membahas relokasi pedagang lapangan Merdeka dengan Gubernur Sumatera Utara, Edy Rahmayadi. 

Menurut Bobby Nasution, saat ini Pemko Medan sedang menyiapkan proses relokasi para pedagang. Sebab, ia tidak ingin ada masyarakat yang dirugikan dalam relokasi tersebut.

"Revitalisasi Lapangan Merdeka sudah kita rencanakan dari kemarin. Kita tidak ingin ada masyarakat yang dirugikan dalam kegiatan ini. Kita harus melakukan pendekatan dan membicarakan kepada mereka untuk direlokasikan ke tempat yang lain, sehingga tidak terjadi keributan," kata Bobby Nasution.

Sebelumnya, Gubsu Edy Rahmayadi mengatakan, revitalisasi Lapangan Merdeka masih dalam tahap pembahasan dan sedang mencari solusi bagi para pedagang. 

Menurutnya, butuh koordinasi kuat semua pihak dalam revitalisasi Lapangan Merdeka untuk menjadikannya sebagai cagar budaya. Gubsu berharap, stakeholder dan pemerintah bisa menemukan solusi yang tepat untuk pedagang.

"Kita carikan tempatnya, kita masih memprosesnya karena tempat itu akan dibangun lagi sehingga para pedagang dapat beraktifitas lagi. Oleh karenanya koordinasinya harus kuat hingga mendapat solusi yang tepat bagi semua pihak," kata Gubsu.