Minyak Goreng Langka, Menperin Agus Gumiwang Dicecar Masyarakat
Ilustrasi minyak goreng-(Foto: DOK ANTARA)

Bagikan:

MEDAN - Minyak goreng langka di pasaran, sehingga DPR RI terus menyoroti lantaran belum ada tanda akan berakhir.

Perlu diketahui, enam produsen minyak goreng tutup karena tidak mendapatkan pasokan CPO. Anggota Komisi VII DPR Mulyanto meminta pemerintah dalam hal ini Menteri Perindustrian Agus Gumiwang buka suara.

Agus Gumiwang Diminta buka suara soal kelangkaan minyak goreng nasional

Mulyanto menilai, Menperin harus bertindak mengatur industri minyak goreng ini. "Menteri Perindustrian kita ini terkesan pendiam soal minyak goreng. Padahal masyarakat sudah lama teriak-teriak,” ujar Mulyanto kepada wartawan, Senin, 7 Maret.

Wakil Ketua Fraksi PKS DPR itupun mendesak pemerintah untuk hadir memastikan CPO DMO (domestic market obligation) industri minyak goreng nasional mengalir dengan baik.

"Masalah utamanya kan di titik ini. Kalau produksi aman tentunya perlahan tapi pasti distribusi juga akan aman," terangnya.

Jika perlu, kata Mulyanto, pemerintah membentuk lembaga pengelola CPO DMO migor untuk memastikan aliran CPO DMO ini lancar dan sehat. Termasuk, secara akurat perlu dipertimbangkan apakah angka DMO sebesar 20 persen dari kuota ekspor ini sudah memadai, pasca meletusnya perang Rusia-Ukraina.

Mulyanto menilai, antar kementerian Pemerintah sebagai sebuah tim tidaklah kompak. Menurutnya, Menteri Perdagangan hanya 'banyak bunyi' dan obral janji-janji soal minyak goreng.

"PKS mendesak pemerintah sebagai sebuah tim yang utuh berkoordinasi secara intens dan komprehensif dari hulu hingga hilir, agar soal kelangkaan migor ini segera diselesaikan," tegasnya.

"Jangan berhenti pada kebijakan di bagian hilir, sementara bagian hulunya tidak dibenahi. Kelangkaan ini sudah lewat satu bulan, apalagi sebentar lagi kita segera akan memasuki bulan Ramadhan,” sambung Mulyanto.

Artikel ini pernah tayang di VOI.ID dengan judul: Masyarakat Sudah Teriak Minyak Goreng Langka, Menperin Agus Gumiwang Diminta Atur Industri Jangan Diam-diam Saja

Selain Minyak Goreng Langka, ikuti berita dalam dan luar negeri lainnya hanya di VOI Sumut, Berita Sumatera Utara Terkini!