Memahami Ritual di IKN yang Dilakukan oleh Jokowi, Praktik Klenik?
Presiden Jokowi dihadapan gubernur dari seluruh Indonesia melakukan prosesi penyatuan tanah dan air. (Sumber foto: Setneg)

Bagikan:

MEDAN - Masyarakat dibuat heboh dengan ritual di IKN yang melibatkan presiden dan para gubernur, ada yang pro dan menganggap itu praktik klenik.

Sebelumnya diketahui ada ritual penyatuan tanah dan air di IKN. Setelah air dan tanah dari 34 provinsi disatukan, presiden bersama gubernur di provinsi Kalimantan menginap di tenda.

Terlihat juga beberapa menteri dan pejabat negara. Di titik nol pembangunan IKN, selain rapat dengan sejumlah pejabat negara, dari foto di akun Facebook resminya juga dimuat Presiden Jokowi memakai sarung duduk termenung di depan tenda.

Masyarakat menjadi terbelah akibat ritual Jokowi

Perihal seremonia yang dilakukan Presiden Jokowi tersebut sontak membuat masyarakat terbelah. Ada yang mendukung sebagai bentuk simbol persatuan. Tidak sedikit yang nyinyir. Ada yang mengatakan di era digital Presiden Jokowi justru melakukan praktik klenik.

Apa pun itu, percaya atau tidak, seremonia bisa dilakukan dengan cara apapun. Sebagai simbol, yah sah-sah saja.

Kalau menyambut tamu kehormatan pun, dalam bentuk yang berbeda sebagai simbol penghormatan kadang dilakukan dengan tarian. Atau peresmian gedung digelar acara gunting pita.

Pada prosesi akad nikah adat Jawa ada seremonia injak telur sebagai harapan memperoleh keturunan, simbol menjaga keluarga yang tertutup rapat dan harus terjaga. Selain menjadi lambang kesucian seorang perempuan.

Dalam lingkup kecil, toh di era digital ini masih banyak yang melakukan tradisi potong tumpeng.

Tidak ada yang protes. Juga simbolisasi penyatuan tanah dan air dari seluruh Indonesia sangat baik.

Melambangkan kebinekaan, persatuan dan kesatuan. Mungkin saja, puluhan tahun ke depan, jika datang ke IKN, anak cucu atau malah cicit ingat meski di Kalimantan bahwa titik nol IKN terdapat tanah dan air dari seluruh provinsi di tanah air. Sesuatu yang bisa menumbuhkan rasa kedekatan dan kebanggaan.

Artikel ini pernah tayang di VOI.ID dengan judul: Simbol Kebinekaan di Era Digital

Selain Ritual di IKN yang Dilakukan oleh Jokowi, ikuti berita dalam dan luar negeri lainnya hanya di VOI Sumut, Berita Sumatera Utara Terkini!

Terkait