Creative Hub Samosir untuk Ekraf Resmi Berdiri, Sandiaga: Jangan Sampai Sepi
Foto via Antara

Bagikan:

JAKARTA - Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Sandiaga Uno meresmikan Creative Hub Samosir di Pantai Indah Situngkir, Kabupaten Samosir, Sumatera Utara, sebagai upaya membangkitkan laju ekonomi kreatif (ekraf) pasca pandemi COVID-19.

"Creative Hub ini satu terobosan untuk kebangkitan nasional kita, membuka peluang usaha, dan lapangan kerja. Bersama Pak Presiden Jokowi, kita menata tatanan ekonomi baru pascapandemi dan kita harus segera bangkit,” ujar dia dalam keterangan yang diterima di Jakarta, Rabu 23 Maret seperti dikutip dari Antara.

Untuk diketahui, Creative Hub merupakan wadah kreativitas dalam bentuk infrastruktur fisik untuk pelaku ekraf mengembangkan ide, bisnis, membangun jejaring, berorganisasi, dan mempererat ikatan antar komunitas subsektor ekraf.

Pembangunan tempat itu dinyatakan memperoleh sokongan dari Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif melalui mekanisme Bantuan Pemerintah (Banper), berupa fasilitas peralatan pengolahan kopi, sarana teknologi, dan audio visual system.

“Creative Hub ini jangan sampai sepi, karena ini milik rakyat dan dana dari pemerintah sehingga harus dimanfaatkan sebaik-baiknya,” ucap Menparekraf.

Pendirian Creative Hub Samosir dimulai pada bulan Juni 2021 hingga selesai di bulan Januari 2022. Bangunan itu memiliki luas area secara keseluruhan mencapai 1.000 meter persegi dan luas bangunan sebesar 460 meter persegi yang terbagi menjadi dua lantai.

Di lantai satu, akan dipakai untuk aktivitas pengolahan kopi mulai dari ruang processing, laboratorium uji rasa, ruang pengemasan, hingga ruang displai dan cafe guna menjual hasil produksi komunitas.

Sedangkan di lantai dua, terdapat ruang kelas multifungsi, co-working space, dan ruang rapat yang dapat digunakan antara lain untuk pelatihan, workshop, dan diskusi.

Sandiaga menyampaikan bahwa peresmian Creative Hub Samosir dikolaborasikan dengan acara peluncuran “Horas Samosir Fiesta” sebagai bentuk sinergi antara lembaga/pemangku kepentingan untuk memajukan daerah Samosir sebagai salah satu destinasi pariwisata super prioritas.

“Peluncuran Horas Samosir Fiesta ini diharapkan bisa membangkitkan semangat pelaku ekonomi kreatif di Samosir. Dengan menggagas event-event, saya yakin membangkitkan ekonomi,” katanya.