Kemendagri Apresiasi Bobby Nasution, Medan Kota Satu-satunya di Indonesia dengan Capaian Vaksinasi 96,79 Persen
Wali Kota Medan Bobby Nasution (kiri) menerima piagam penghargaan Karya Bhakti Peduli Satuan Polisi Pamong Praja 2022 di Medan, Kamis (31/3/2022). (ANTARA/HO-Diskominfo Kota Medan)

Bagikan:

MEDAN - Kementerian Dalam Negeri (Kemendagri) mengapresiasi Pemerintah Kota Medan, Sumatera Utara, atas keberhasilan dalam pencapaian vaksinasi COVID-19.

"Medan merupakan satu-satunya kota terbaik di Indonesia dalam capaian vaksinasi dosis pertama yakni 96,79 persen," kata Dirjen Bina Administrasi Kewilayahan Kemendagri, Safrizal di Medan, Jumat, 1 April.

Hal ini diungkapkan Safrizal yang juga Wakil Ketua Satgas Nasional Penanganan COVID-19 usai menyerahkan penghargaan Karya Bhakti Peduli Satuan Polisi Pamong Praja Kota Medan di Wisma Benteng Medan.

Atas pencapaian vaksinasi ini, lanjut dia, Kota Medan lebih tinggi dari rata-rata kabupaten/kota di Sumatera Utara yakni 93,91 persen, dan lebih tinggi capaian nasional yang baru mencapai 94 persen.

Begitu juga dengan vaksinasi dosis kedua, katanya, Kota Medan juga merupakan salah satu kota terbaik di Indonesia karena sudah mencapai pada angka 86,87 persen.

"Angka 86,87 persen ini lebih tinggi dari rata-rata di Sumatera Utara yang masih 76 persen, dan capaian nasional masih 75 persen. Saya ucapkan terima kasih dan sukses," papar Safrizal.

Safrizal mengatakan, keberhasilan ini sebagaimana yang disampaikan Wali Kota Medan Bobby Nasution tidak terlepas dari kolaborasi yang dilakukan semua pihak terkait di daerah ini.

"Tanpa kolaborasi nihil. Dengan kolaborasi, Insyaallah semua target bisa dipenuhi. Saya percaya Kota Medan akan terus maju semua sektor. Ini berkah bagi Kota Medan mendapat wali kota yang energik," tutur Safrizal.

Sementara itu, Wali Kota Medan Bobby Nasution sebelumnya mengatakan, konsekuensi dari tugas penegakan peraturan daerah ini melahirkan pandangan kurang enak dari masyarakat kepada petugas Satuan Polisi Pamong Praja.

Ketika pandemi COVID-19 melanda Kota Medan, tutur dia, maka beban tugas Satuan Polisi Pamong Praja Kota Medan menjadi bertambah dalam menegakkan protokol kesehatan.

"Alhamdulillah, kini kasus COVID-19 di Kota Medan melandai. Ini tidak terlepas dari peran Satpol PP Medan dalam menegakkan prokes," ujar Bobby.