Wali Kota Bobby Nasution Dukung Pengembangan Ekonomi Kreatif di Medan
Wali Kota Medan Bobby Nasution (tengah) membubuhkan tanda tangan ke produk pelaku start up di Medan. (ANTARA/HO-Diskominfo Kota Medan)

Bagikan:

MEDAN - Wali Kota Medan Bobby Nasution berkomitmen untuk mendukung berkembangnya ekonomi kreatif, sebagai salah satu tulang punggung perekonomian di daerah ini.

"Pengembangan klaster ekonomi kreatif ini menjadi upaya kita mendorong peningkatan nilai tambah, daya saing produk, usaha kreatif dan digitalisasi,"  kata Bobby Nasution di Medan dikutip Antara, Kamis, 7 April.

Dalam mengembangkan ekonomi kreatif, lanjut dia, Pemerintah Kota Medan juga mendorong generasi muda menjadi pelaku start up (perusahaan rintisan) di ibu kota Provinsi Sumatera Utara ini.

Pelaku start up itu nantinya diharapkan mampu menggerakkan roda perekonomian di Kota Medan, khususnya sektor usaha mikro, kecil dan menengah (UMKM).

"Salah satu bentuk upaya mengembangkan ekonomi kreatif adalah digelarnya 'workshop enterpreneur' milenial start up baru baru ini," kata Bobby.

Bobby Nasution juga berkeinginan nantinya akan tumbuh minat ekonomi kreatif para pelaku start up yang didominasi oleh generasi muda di Kota Medan.

"Ini merupakan bukti kepedulian Pemerintah Kota Medan dalam meningkatkan pemanfaatan digital guna menunjang ekonomi," tuturnya.

Sementara itu, Kepala Dinas Pariwisata Kota Medan, Agus Suriono, menambahkan pihaknya terus menjaring generasi muda, dan menjalin komunikasi dengan start up yang ada untuk membangkitkan ekonomi kreatif di daerah ini.

"Saat ini ada puluhan start up yang kita gandeng dan kita bina. Dalam menggandeng dan membina start up ini, kita bekerjasama dengan komite ekonomi kreatif," katanya.