PLN Sumut Jamin Ramadhan Listrik Terpenuhi, Berikut Persiapan dan Antisipasi
Komisi VII DPR RI saat melaksanakan kunjungan kerja ke PLN UIW Sumut. (ANTARA/HO)

Bagikan:

MEDAN - PLN Unit Induk Wilayah (UIW) Sumatera Utara siap menjaga kehandalan pasokan listrik selama bulan Ramadhan dan hari raya Idul Fitri 1443 Hijriah.

"Dengan kesiapan ini, harapannya seluruh masyarakat dapat menjalankan ibadah selama bulan Ramadhan dengan hikmat.Kami pastikan seluruh masyarakat di Sumatera Utara mendapatkan pasokan listrik yang handal," kata Direktur Bisnis Regional Sumatera dan Kalimantan PLN, Adi Lumakso, dalam keterangan tertulis, Senin.

PLN sediakan ratusan genset selama ramadhan

Hal itu dikatakannya dalam kunjungan kerja spesifik Komisi VII DPR RI ke PLN UIW Sumut yang dihadiri oleh Lamhot Sinaga.

Adi menyebutkan, secara umum neraca daya pada seluruh sistem kelistrikan Sumatera dan Kalimantan selama periode siaga Ramadhan 2022 dalam kondisi normal/aman, dimana cadangan lebih besar dari pembangkit terbesar yang beroperasi.

"Untuk menjaga kelancaran dan keandalan pasokan listrik selama kegiatan Ramadhan dan Idul Fitri 1443 Hijriah, PLN menyediakan Posko Siaga yang berjumlah 1.235 Posko (1.078 Posko di Sumatera dan 4.141 Posko di Kalimantan) dengan total personel sebanyak 16.884 orang ( 12.743 orang di Sumatera dan 4.141 orang di Kalimantan)," ucapnya.

Direktur Bisnis menambahkan, selain itu, PLN juga telah mempersiapkan 475 Genset, 15 UCKB, 18 UKB, 40 UPS, dan 325 UGB sebagai bacup supply. 1.222 mobil, 1.204 motor, dan 95 Crane sebagai sarana pendukung untuk menjaga kelancaran serta keandalan pasokan listrik selama kegiatan Ramadhan dan Idul Fitri.

Anggota Komisi VII DPR RI Lamhot Sinaga menyampaikan, bahwa kunjungan tersebut dalam rangka melaksanakan tugas koordinasi.

"Layanan pada pelanggan sudah baik, tapi kalaupun ada peningkatan pelayanan secara teknis sudah dibahas saka dengan pak GM," ucapnya.

Usai mendampingi tim Komisi VII DPR Ir, Adi Lumakso beserta rombongan melanjutkan dengan peninjauan di lapangan kesiapan PLN UIW Sumut dalam menjaga pasokan listrik selama bulan Ramadhan dan hari raya Idul Fitri 1444 Hijriah.

Peninjauan tersebut, mulai dari pembangkitan di Sicanang Belawan, Unit Pelayanan Pengaturan Beban (UP2B) hingga Unit Pelaksana Pengatur Distribusi (UP2D) Sumatera Utara.Turut hadir pada peninjauan tersebut, General Manajer PLN UIW Sumut Pandapotan Manurung, General Manajer PLN UIK Sumatera Bagian Utara Poernomo, dan General Manajer UIP Sumatera Bagian Utara, Oktavianus Dhuha.

Selain PLN Sumut, ikuti berita dalam dan luar negeri lainnya hanya di VOI Sumut, Berita Sumatera Utara Terkini!