Mensos Risma Pastikan BLT Minyak Goreng Tuntas Pencairannya Seminggu Sebelum Lebaran
Mensos Tri Rismaharini/FOTO: Nailin In Saroh-VOI

Bagikan:

JAKARTA - Menteri Sosial (Mensos) Tri Rismaharini memastikan akan menyelesaikan tahapan penyaluran bantuan langsung tunai (BLT) minyak goreng sesuai dengan arahan Presiden Joko Widodo (Jokowi), yakni seminggu sebelum perayaan hari Idulfitri.

Diketahui, Presiden Joko Widodo memerintahkan penyaluran BLT minyak goreng dilakukan pada Ramadan dan ditargetkan selesai sebelum Idulfitri.

Risma mengatakan, saat ini BLT minyak goreng sedang proses penyaluran di seluruh daerah di Indonesia. Dalam pencairan BLT ini, Kemensos bekerja sama dengan PT Pos Indonesia.

"Insyallah bisa (cair penyaluran BLT migor) seminggu sebelum lebaran," ujar Risma di gedung DPR, Senayan, Jakarta, Rabu, 13 April. 

Risma menjelaskan, BLT minyak goreng akan diberikan ke 20,65 juta penduduk yang berasal dari data penerima Program Keluarga Harapan (PKH) dan bansos pangan yang tercatat di Data Terpadu Kesejahteraan Sosial (DTKS). Masing-masing akan diberikan dana sebesar Rp300 ribu untuk periode April, Mei dan Juni.  

"Jadi kita top up (BLT Migor) kepada mereka penerima sekitar 20,56 juta sekian. Itu nanti kita top up karena mereka nerima bantuan yang PKH ya PKH nanti di top up 100 kali 3 bulan Rp300 ribu di bulan April ini harus selesai sebelum Mei," jelasnya.

Sebelumnya, Sekretaris Jenderal Kementerian Sosial (Kemensos), Harry Hikmat mengatakan, bantuan langsung tunai (BLT) minyak goreng melalui Kemensos akan disalurkan melalui PT Pos Indonesia.

Harry mengatakan, setelah diluncurkan Presiden Joko Widodo (Jokowi) pada Kamis, 7 April, BLT minyak goreng akan mulai disalurkan pada April ini. Terakhir, BLT dipastikan selesai pada 21 April. 

"Kalau melihat dari tahapan yang ada kalau tiga bulan itu April, Mei dan Juni, nah ini dibayarkan langsung pada bulan April dan pencairan BLT minyak goreng akan dilakukan mulai tanggal 4 sampai 21 dan kemarin sebetulnya tanggal 7 launching-nya," kata Harry dalam konferensi pers melalui kanal YouTube Perekonomian RI, Jumat, 8 April. 

Pihaknya akan dibantu Direktur Jenderal Penanganan Fakir Miskin dan Direktur Jenderal Perlindungan dan Jaminan Sosial (Dirjen Linjamsos) dalam menyalurkan BLT minyak goreng tersebut.

"Kemensos insyaallah siap untuk menyalurkan BLT minyak goreng ini dan diintegrasikan dalam penyaluran nanti antara, sampai tanggal 21 bersama dengan program sembako atau bantuan pangan non tunai (BPNT)," kata dia.