BMKG Prediksi Sumsel Hujan Lebat pada Dini Hari
Awan hitam menyelimuti langit Kota Palembang, Sumsel. (Antara/Nova Wahyudi)

Bagikan:

SUMSEL - Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG) Provinsi Sumatera Selatan (Sumsel) memprediksi potensi hujan lebat pada dini hari di sejumlah kabupaten/kota.

Adapun wilayah yang berpotensi hukan lebat di antaranya Kabupaten Musi Banyuasin, Banyuasin, Palembang, Muara Enim, Ogan Komering Ilir (OKI) dan Ogan Ilir. Namun terdapat juga wilayah yang berpotensi hujan ringan pada dini hari yakni di Penukal Abab Lematang Ilir (PALI), Prabumulih dan Ogan Komering Ulu (OKU) Timur.

Sementara pada pagi hari, meneruskan laporan Antara, cuaca diprakirakan berawan, berpotensi hujan sedang di wilayah OKI dan Musi Banyuasin. Kemudian yang berpotensi hujan ringan di wilayah Banyuasin, PALI, Muara Enim, Musi Rawas dan Musi Rawas Utara.

Pada siang hingga sore hari, cuaca diprakirakan berawan hingga berpotensi hujan sedang di wilayah Lahat dan OKU Selatan. Sedangkan potensi hujan ringan di wilayah Musi Rawas Utara, Pagar Alam, Muara Enim, OKU, OKI dan Palembang.

Pada malam hari, cuaca diprakirakan berawan, hingga berpotensi hujan sedang-lebat di wilayah Muara Enim, OKU, PALI, Musi Banyuasin dan Prabumulih. Sedangkan, yang berpotensi hujan ringan di wilayah Musi Rawas, Lahat, OKU Timur, OKU Selatan, Ogan Ilir dan Banyuasin.

Suhu udara di wilayah Sumsel dataran rendah sekitar Palembang, Banyuasin, Musi Banyuasin, Ogan Ilir dan OKI berkisar 23–33 °C, kelembapan udara 60 persen - 98 persen.

Suhu udara di wilayah Sumsel dataran tinggi sekitar Pagar Alam, Empat Lawang, Lubuk Linggau, Lahat dan OKU Selatan berkisar 19–32 °C, kelembapan udara 60 persen-100 persen.

Angin dari Tenggara-Barat dengan kecepatan 5–20 km/jam.

Tinggi gelombang laut di Selat Gelasa 0,1 - 0,5 meter, Selat Bangka bagian Utara dan Selat Bangka bagian Selatan 0,5-1,25 m. Cuaca diprakirakan berawan hingga hujan ringan. Arah angin dari Timur-Selatan dengan kecepatan 5-22 km/jam.

Berdasarkan prakiraan cuaca tersebut, BMKG mengeluarkan peringatan dini untuk mewaspadai potensi hujan dengan intensitas sedang-lebat yang dapat disertai petir/kilat dan angin kencang berdurasi singkat pada pagi hingga sore hari di wilayah Musi Banyuasin, OKI, Lahat dan OKU Selatan.

Kemudian pada pada malam hingga dini hari di wilayah OKU, PALI, Prabumulih, Musi Banyuasin, Banyuasin, Palembang, Muara Enim, OKI dan Ogan Ilir.