Penyebab Kecelakaan di Jalan Tol, Paling Banyak Gara-Gara Ini
Ilustrasi Jalan Tol (Photo by kimi lee on Unsplash)

Bagikan:

MEDAN - Memang kecelakaan darat secara umum jumlahnya menurun, tapi dan segi fatality-nya (kematian) naik. Kami ngambil datanya dari kepolisian karena hanya sebagian yang kita lakukan investigasi.

Kemudian terakhir ini banyak kejadian rem blong ini juga kami juga lagi melakukan penelitian dan kerjasama dengan universitas untuk melihat bagaimana pengaruh pandemi kenapa meningkat cukup tinggi terutama truk banyak yang berlebih muatan.

Mengapa banyak kecelakaan?

Selanjutnya akan diteliti mengapa banyak terjadi kecelakaan. Apakah ada pengaruh pandemi. Tapi belum bisa disimpulkan karena masih dalam proses.

Masalah kecelakaan kendaraan bermotor roda dua sekarang menjadi perhatian kami. Selama ini kurang kurang fokus pada roda dua bekerjasama dengan Astra Honda Motor. Mereka membuat student research center khusus untuk roda dua. Luar biasa dengan temen-temen dari Astra Honda Motor ini dia melakukan training safety rinding kepada 3.000 lebih pengguna motor. Dari hasil analisis mereka, kesimpulannya tidak berdampak. Terus mereka ingin bagi pemotor ini juga keselamatannya bisa ditingkatkan. Dilakukan Kerjasama dengan KNKT untuk melakukan riset-riset.

Untuk kecelakaan kendaraan bermotor; mobil niaga atau pribadi, faktor utama yang menjadi penyebab? Apakah human error atau kondisi kendaraan yang sudah tak laik jalan, atau ada faktor lain?

Kecelakaan di darat selama ini dari semua 4 moda, KNKT tidak pernah ngomong kalau itu human error. Yang ada human factor yang berkaitan dengan perawatan. Soal rem blong kita ada beberapa rekomendasi pada pabrikan. Desain-desain kendaraan ini sesuai dengan regulasi di Eropa dan Jepang. Ini belum tentu cocok untuk di Indonesia. Kami diskusi dengan Astra Honda Motor, kendaraan yang laku di Indonesia belum tentu cocok di Jepang, Thailand atau Malaysia. Tapi ada desain yang laku untuk semua negara. Salah satu remomendasi KNKT kepada ATPM untuk truk dan mobil niaga adalah pegisian angin kompresor ditingkatkan dua kali lipat.

Kami juga bekerjasama dengan Korlantas Polda Metro untuk traning pengemudi truk. Setelah selesai program itu bisa langsung dapat SIM B1 umum. Tapi ini benar-benar professional.

Banyak kecelakaan terjadi di jalan tol, biasanya apa penyebab yang paling sering terjadi?

Nah ini menarik, sekarang presiden sudah meresmikan jalan tol ribuan kilometer. Kesiapan kita masyarakat dan semua aspek yang mendukung keselamatan di jalan tol ini harus benar-benar memahami persoalan. Ingat 80 persen kecelakaan di jalan tol akibat kelelahan jadi itu yang harus kita perangi. Ada penelitian di tol Cipali sehubungan dengan hal itu. Dulu yang terbanyak kecelakaannya itu di tol Cipali ini.

Waktu jalan tol layang belum jadi, dan tol sudah sampai ke Surabaya, kalau dari Timur ke Barat sampai Cipali itu antara jam 11 malam sampai jam 6 pagi. Dari Barat ke Timur juga sampai Cipali pada jam itu. Jadi ngantuknya tertumpuk di Cipali.

Lalu kita bikin chevron marking atau tanda sersan yang banyak. Saat malam kelihatan jalannya menyempit secara visual, ada illusi, tapi jalan sesungguhnya tidak menyempit. Kita harapkan orang akan mengerem. Diusahakan tempat istirahat di tol Cipali itu dibikin semenarik mungkin, sehingga orang mau beristirahat. Setelah itu rileks dan bisa melanjutkan perjalanan kembali. Untuk sopir truk juga disediakan tempat yang nyaman, tempat mandi air panas, bale-bale untuk tidur, dll. Dengan upaya ini kecelakaan di Cipali menurun. Namun yang menyedihkan angka kecelakaan bergeser ke Timur.

Karena itu di tol Sumatera yang sudah beroperasi kita kerjasama dengan pemda seperti di Lampung untuk menyediakan pemandangan yang unik di sepanjang jalan seperti kopi Lampung dan durian. Lalu di rest area kita minta dibuat seperti di Cipali, ada tempat istirahat yang layak, mandi air hangat dan dipisahkan antara pengemudi truk pengemudi angkutan lainnya. Itu langkah-langkah yang kita upayakan untuk menigkatkan keselamatan di jalan tol. Masalah utamanya soal kelelahan.

Artikel ini pernah tayang di VOI.ID dengan judul: Eksklusif, Soerjanto Tjahjono Ungkap 80 Persen Kecelakaan di Tol Karena Faktor Kelelahan

Selain Penyebab Kecelakaan di Jalan Tol, ikuti berita dalam dan luar negeri lainnya hanya di VOI Sumut, Berita Sumatera Utara Terkini!