Terpilih Lagi Jadi Presiden Perancis Terbaru, Emmanuel Macron Dapat Selamat dari Negara Barat
Presiden Prancis Emmanuel Macron. (Wikimedia Commons/Kremlin.ru/Пресс-служба Президента Российской Федерации)

Bagikan:

MEDAN - Terpilihnya Emmanuel Macron jadi presiden Perancis terbaru, Pemimpin Uni Eropa hingga kepala pemerintahan negara-negara di Benua Biru begegas memberikan ucapan selamat kepada Emmanuel Macron.

Petahana tersebut memenangkan Pemilihan Presiden Prancis dengan raihan suara 58,6 persen berbanding 41,4 persen milik pesaingnya Marine Le Pen.

BACA JUGA:


Presiden Dewan Eropa Charles Michel, serta perdana menteri Belgia dan Luksemburg, termasuk di antara yang pertama memberi selamat kepada Macron, diikuti oleh hampir semua dari 27 pemimpin blok itu.

Tanggapan Emmanuel Macron setelah terpilih

"Bravo Emmanuel," tulis Michel di Twitter, melansir Reuters 25 April.

"Dalam periode yang bergejolak ini, kita membutuhkan Eropa yang solid dan Prancis yang benar-benar berkomitmen untuk Uni Eropa yang lebih berdaulat dan lebih strategis," sambungnya.

Setelah pemungutan suara mengejutkan Inggris untuk keluar dari Uni Eropa dan pemilihan Donald Trump di Amerika Serikat pada tahun 2016, Uni Eropa khawatir dengan potensi reformasi sosial dan ekonomi Le Pen, bahkan jika jajak pendapat menunjukkan Macron menang di putaran kedua hari Minggu.

Perdana Menteri Inggris Boris Johnson, wajah publik Brexit bagi banyak orang Eropa, memuji hasilnya, menjanjikan kerja sama dengan Macron dan mengatakan bahwa "Prancis adalah salah satu sekutu terdekat dan terpenting kami."

Prancis, anggota pendiri UE, telah menjadi pusat upaya untuk mengintegrasikan Eropa sejak akhir Perang Dunia Kedua, meskipun kebijakan semacam itu telah memecah belah. Untuk semua napas lega, lebih dari setengah pemilih Prancis mendukung kandidat di putaran pertama pemilihan yang kritis terhadap UE.

Memiliki Le Pen, seorang politisi yang sangat skeptis dan telah menyatakan kekagumannya kepada Presiden Rusia Vladimir Putin, di Istana Elysee akan memiliki implikasi besar bagi stabilitas UE, kata para analis dan diplomat.

Le Pen telah lama bermain-main dengan gagasan untuk meninggalkan blok tersebut, meskipun dia bersikeras, dia tidak memiliki agenda rahasia kali ini, untuk keluar dari UE atau mata uang tunggal euro.

Presiden Bank Sentral Eropa Christine Lagarde, seorang warga negara Prancis, menawarkan kata-kata hangat untuk Macron yang pro-bisnis, dengan mengatakan "kepemimpinan yang kuat sangat penting di masa-masa yang tidak pasti ini."

Sementara itu, para pemimpin Swedia, Rumania, Lituania, Finlandia, Belanda dan Yunani, serta Presiden Komisi Eropa Ursula von der Leyen semua bereaksi dalam waktu sekitar setengah jam dari hasil dengan ucapan selamat mereka.

"Saya berharap untuk melanjutkan kerja sama kami yang luas dan konstruktif di dalam UE dan NATO, dan untuk lebih memperkuat hubungan yang sangat baik antara negara kami," ucap Perdana Menteri Belanda Mark Rutte.

Eropa Dianggap Menang Besar

Menggemakan sentimen banyak orang, Menteri Keuangan Jerman Christian Lindner mengatakan Eropa adalah pemenang terbesar.

Adapun Perdana Menteri Italia Mario Draghi, yang bersama dengan Macron dan Kanselir Jerman Olaf Scholz dipandang membentuk trio pemimpin pro-UE yang kuat, juga mengatakan pemilihan ulang adalah "berita bagus untuk seluruh Eropa."

Diketahui, Kanselir Scholz menawarkan kerja sama Prancis-Jerman yang berkelanjutan, yang dianggap sebagai mesin integrasi Eropa. Banyak pemimpin menyebut Macron sebagai "cher (sayang) Emmanuel".

Pemuda sentris itu adalah salah satu pemimpin blok yang paling pro-Uni Eropa, dikreditkan oleh banyak orang karena memiliki visi untuk membantunya menghadapi kebangkitan China dan ancaman militer Rusia.

Sementara, Perdana Menteri Spanyol, Pedro Sanchez, mentweet ucapan selamatnya kepada Macron. PM Sanchez pada Hari Kamis menulis opini bersama di harian Prancis Le Monde dengan PM Portugal Antonio Costa dan Kanselir Scholz, mengkritik Le Pen dan mendesak orang untuk memilih Macron.

"Peluang bahwa akan ada pemerintah pro-Eropa di Prancis dan Jerman setidaknya selama empat tahun ke depan harus diambil," tukas Anton Hofreiter, ketua Komite Eropa di Bundestag Jerman.

Artikel ini pernah tayang di VOI.ID dengan judul: Emmanuel Macron Menangi Pilpres Prancis, PM Inggris hingga Pemimpin Uni Eropa Ramai-ramai Berikan Ucapan Selamat

Selain Presiden Perancis Terbaru, ikuti berita dalam dan luar negeri lainnya hanya di VOI Sumut, Berita Sumatera Utara Terkini!