Pembangunan Sirkuit Formula E dan Manuver Jokowi
Presiden Jokowi saat meninjau lintasan Formula E ditemani Gubernur Anies Baswedan (Foto: BPMI Setpres/Laily Rachev)

Bagikan:

MEDAN - Kunjungan Presiden Joko Widodo yang didampingi Gubernur Anies Baswedan untuk meninjau Sirkuit Formula E di Ancol, Jakarta Utara, telah heboh jadi perhatian publik.

Hal tersebut lantaran selama ini ajang balapan tersebut mendapat sorotan negatif utamanya fraksi-fraksi di DPRD DKI Jakarta. Pengamat Politik sekaligus Ceo & Founder Voxpol Center Research and Consulting, Pangi Syarwi Chaniago, menilai kehadiran Presiden Jokowi adalah bentuk stempel dukungan terkait Sirkuit Formula E yang selama ini di kritik PDIP, PSI dan para pendukungnya.

"Saya pikir ini bagus, mungkin juga starategi tim Anies untuk melemahkan oposisi yang tidak pro atau suka Anies," ujar Pangi kepada VOI, Selasa, 26 April.

Anies Dianggap Menang dan Memenangkan Hati

Peninjauan langsung Jokowi, menurut Pangi, juga menunjukkan bahwa Anies telah memenangkan hati presiden dan memenangkan pertarungan dengan kelompok oposisi, seperti PSI.

"Jadi legacy ini saya merasa sangat penting. Tapi kita lihat saja ke depannya apakah bakal atau masih ada kelompok yang memaki dan mencaci Anies, mengkritik pedas Anies setelah pertemuan tersebut di Sirkuit Formula E?" jelasnya.

Di sisi lain, Pangi menilai, pesan yang dibawa dari pertemuan tersebut adalah rekonsiliasi. Bahwa, kata dia, apa yang dikesankan atau yang dicitrakan buzzer politik bayaran selama ini mengalami patahan di tengah jalan

"Tentu saja membuat tensi politik kita makin melandai dan teduh, sebab polarisasi atau dihadap-hadapkan pendukung Anies dan presiden Jokowi jelas membuat keterbelahan publik yang luka menganga cukup dalam. Kita bisa lihat puncaknya ketika aksi kekerasan terhadap Ade Armando, itu sebetulnya menggambarkan bagaimana keterbelahan dan perpecahan sesama anak bangsa," paparnya.

Namun, soal adanya pembicaraan politik yang mengarah ke Pemilu 2024, Pangi menilai hal tersebut belum. Hanya saja, kata dia, paling tidak pertemuan ini salah satu cara membangun chemistry politik sesama tokoh bangsa dan pejabat.

"Bagaimana membawa pesan kedamaian, bahwa pilpres 2019 sudah selesai, mungkin bicara masa depan Indonesia tahun 2024. Yang jelas presiden Jokowi ada kemungkinan akan menjadi king maker," katanya.

"Tapi, rasa-rasanya presiden Jokowi tentu saja bakal punya jagoan yang satu chemistry, yang bisa mengamankan dan membuat Jokowi tenang," sambung Pangi.

Jokowi, tambah Pangi, sepertinya akan ikut calon yang bakal menang. Tentu bisa saja sejalan dengan jagoan PDIP dan mungkin juga tidak sejalan. Namun, kata Pangi, pertemuan ini belum bisa disimpulkan sebagai restu Jokowi kepada Anies.

"Chemistry jagoan PDIP dengan Jokowi selama ini sama kalau kita lihat dan cermati," imbuhnya.

"Namun soal restu-merestu tentu terlalu dini, ini masih mencari bentuk atau mencairkan situasi pendukung Anies dan Jokowi yang sempat mengental," pungkapnya.

Artikel ini pernah tayang di VOI.ID dengan judul: Membaca Langkah Jokowi Datang ke Pembangunan Sirkuit Formula E yang Rutin Dikritik PDIP

Selain Pembangunan Sirkuit Formula E, ikuti berita dalam dan luar negeri lainnya hanya di VOI Sumut, Berita Sumatera Utara Terkini!