Perusahaan Milik Elon Musk SpaceX Luncurkan Empat Astronot ke Stasiun Luar Angkasa
Penampakan Falcon 9 dua tahap yang di atasnya terdapat kapsul Crew Dragon, Freedom. (foto: twitter @spacex)

Bagikan:

MEDAN - Baru-baru ini perusahaan roket milik Elon Musk, SpaceX, akan meluncurkan kru astronot dari NASA yang berdurasi panjang berikutnya ke Stasiun Luar Angkasa Internasional (ISS) pada Rabu pagi, 27 April. Astronot ini termasuk seorang dokter medis yang menjadi penjelajah ruang angkasa dan seorang ahli geologi yang memiliki spesialisasi dalam tanah longsor di Planet Mars.

Perlu diketahui, kendaraan peluncuran SpaceX, yang terdiri dari roket Falcon 9 dua tahap yang di atasnya terdapat kapsul Crew Dragon yang dijuluki Freedom, dijadwalkan untuk lepas landas dengan empat awaknya pada pukul 3:52 pagi EDT (2:52 WIB siang) dari NASA Kennedy Space Center di Cape Canaveral, Florida.

Apabila semuan proseder berjalan sesuai rencana, tiga astronot AS dan satu awak Badan Antariksa Eropa (ESA) dari Italia akan mencapai stasiun luar angkasa sekitar 17 jam kemudian untuk memulai misi sains enam bulan yang mengorbit sekitar 250 mil (420 km) di atas Bumi.

Prediksi keberhasilan peluncuran roket

Selama briefing pra-peluncuran pada Selasa, 26 April, pejabat NASA mengatakan prakiraan menyerukan peluang 90% dari kondisi cuaca yang menguntungkan untuk lepas landas tepat waktu.

"Terbang dengan aman bersama kru berarti Anda harus melakukannya selangkah demi selangkah," kata Kathryn Lueders, administrator asosiasi NASA untuk operasi luar angkasa, dalam jump pers dengan media. "Kami berharap Anda akan melihat langkah yang sangat, sangat indah, dan kami akan membawa kru kami dengan selamat ke orbit."

Misi terbaru, yang disebut Crew 4, akan menandai kru ISS penuh keempat yang dikirim NASA ke orbit di atas roket SpaceX. Perusahaan roket pribadi yang didirikan oleh Musk ini mulai menerbangkan astronot dari badan antariksa AS itu pada tahun 2020. Secara keseluruhan, SpaceX telah meluncurkan enam penerbangan luar angkasa dengan manusia sebelumnya, selama dua tahun terakhir.

Dalam misi ini komandan Crew 4 adalah Dr. Kjell Lindgren (49), seorang dokter pengobatan darurat bersertifikat dan ahli bedah yang pernah melakukan satu kali penerbangan ke ISS. Ini adalah perjalanan keduanya ke ISS, di mana ia rekor mencatat 141 hari hidup di orbit pada tahun 2015.

Selama ekspedisi itu, ia melakukan dua perjalanan ruang angkasa dan berpartisipasi dalam lebih dari 100 proyek sains. Termasuk eksperimen selada "Veggie" yang menandai pertama kalinya seorang anggota kru AS memakan tanaman yang ditanam di orbit.

Pilot sebelumnya terbiasa dengan pesawat tempur AS

Pilot yang ditunjuk untuk misi tersebut adalah astronot pemula Bob Hines (47), seorang pilot pesawat tempur Angkatan Udara AS, pilot uji dan instruktur penerbangan yang telah mengumpulkan lebih dari 3.500 jam waktu penerbangan di 50 jenis pesawat. Ia juga telah menerbangkan 76 misi tempur.

Anggota kru lain yang melakukan debut luar angkasa sebagai spesialis misi adalah Jessica Watkins (33), seorang ahli geologi yang memperoleh gelar doktor dalam mempelajari proses di balik tanah longsor besar di Mars dan Bumi. Ia kemudian bergabung dengan tim sains untuk penjelajah Mars Curiosity di Jet Propulsion Laboratory NASA .

Penerbangan Crew 4 ini akan menjadikan Watkins wanita Afrika-Amerika pertama yang bergabung dengan misi jangka panjang di Stasiun Luar Angkasa Internasional. Dia mengikuti jejak tujuh astronot kulit hitam lainnya yang naik ISS sejak didirikan lebih dari dua dekade lalu.

Anggota Crew 4 terakhir adalah Samantha Cristoforetti (45), seorang astronot ESA dan pilot jet Angkatan Udara Italia yang melakukan penerbangan keduanya ke stasiun luar angkasa. Ia dijadwalkan untuk mengambil alih komando operasi ISS selama enam bulan tugas tim, dan menjadi dirinya sebagai wanita pertama di Eropa yang ditempatkan di sana.

Cristoforetti dan Watkins sebelumnya bertugas bersama sebagai aquanaut di habitat bawah laut Aquarius dari misi Operasi Misi Lingkungan Ekstrim NASA (NEEMO) pada tahun 2019.

Tim Crew 4 akan disambut di atas kapal oleh tujuh penghuni ISS yang ada saat ini, empat anggota Crew 3 yang akan mereka Gantikan, tiga astronot Amerika dan seorang kru ESA asal Jerman yang akan mengakhiri misi mereka pada awal Mei, serta tiga kosmonot Rusia.

Peluncuran itu dilakukan kurang dari dua hari setelah tim beranggotakan empat orang terpisah yang diorganisir oleh perusahaan yang berbasis di Houston, Axiom Space, kembali dari misi dua minggu sebagai awak astronot swasta pertama ISS, yang meluncur pada Senin dalam kapsul SpaceX yang berbeda.

Artikel ini pernah tayang di VOI.ID dengan judul: SpaceX Kembali Luncurkan Empat Astronot ke ISS

Selain Perusahaan Milik Elon Musk, ikuti berita dalam dan luar negeri lainnya hanya di VOI Sumut, Berita Sumatera Utara Terkini!