Sandang Gelar Orang Tertua di Dunia, Biarawati Prancis Ini Juga Menyandang Tiga 'Gelar' Tertua Lainnya
Orang tertua di dunia Suster Andre. (Sumber: Guiness World Records)

Bagikan:

JAKARTA - Seorang biarawati berusia 118 tahun yang tinggal di panti jompo di Prancis selatan telah menjadi orang tertua di dunia yang masih hidup, menurut Guinness World Records.

Suster André juga merupakan biarawati tertua yang masih hidup di dunia dan biarawati tertua yang pernah ada, menurut sebuah pernyataan yang dikeluarkan oleh otoritas pemecah rekor pada Hari Senin.

Lahir sebagai Lucile Randon pada 11 Februari 1904, Suster André telah mendedikasikan sebagian besar hidupnya untuk pelayanan keagamaan, kata pernyataan itu.

Sebelum menjadi biarawati Katolik, dia merawat anak-anak selama Perang Dunia II, kemudian menghabiskan 28 tahun merawat anak yatim dan orang tua di rumah sakit.

Suster André, yang tinggal di dekat Kota Toulon, Prancis, juga merupakan orang tertua yang selamat dari COVID-19 di dunia. Pernyataan Guinness World Records mengatakan dia dites positif terkena virus pada awal 2021, tetapi pulih sepenuhnya dalam waktu tiga minggu, tepat pada waktunya untuk ulang tahunnya yang ke-117.

Dalam sebuah wawancara dengan saluran TV Prancis RMC Story pada Hari Selasa, Sister André tampaknya memiliki perasaan yang campur aduk tentang menjadi orang tertua yang masih hidup.

"Saya merasa saya akan lebih baik di surga, tetapi Tuhan yang baik belum menginginkan saya," katanya, menyebut gelar itu sebagai 'kehormatan yang menyedihkan' seperti dikutip dari CNN 27 April

Namun, ia juga mengungkapkan kegembiraannya karena "dimanjakan" oleh keluarganya.

Suster André menikmati cokelat dan anggur, minum segelas setiap hari kata pihak panti jompo tempatnya tinggal, Résidence Catherine Labouré, kepada CNN.

Ketika dia berusia 118 tahun awal tahun ini, biarawati tua itu menerima catatan ulang tahun tulisan tangan dari Presiden Prancis Emmanuel Macron, Presiden Prancis ke-18 dalam hidupnya, menurut tweet dari panti jompo. Ada juga 10 Paus berbeda yang memimpin Gereja Katolik sejak dia lahir.

Suster André menjadi yang tertua di dunia setelah wafatnya Kane Tanaka, seorang wanita Jepang yang sebelumnya disertifikasi sebagai orang tertua di dunia, yang meninggal pada usia 119 pada 19 April lalu.

Gelar orang tertua yang pernah tercatat juga menjadi milik seorang wanita Prancis. Lahir pada 21 Februari 1875, kehidupan Jeanne Louise Calment berlangsung selama 122 tahun dan 164 hari, menurut pernyataan Guinness World Records.