Libur Lebaran, Polresta Padang Tangkap 11 Pelaku Pungli
Polisi mengamankan kembali sebelas pelaku terkait dnegan dugaan pungutan liar di sejumlah titik di Kota Padang, Sumbar, Jumat (6/5). ANTARA/Fathul Abdi

Bagikan:

PADANG - Kepolisian Resor Kota Padang, Sumatera Barat, menjaring sebelas pelaku terkait dengan dugaan pungutan liar (pungli).

"Hari ini kami mengamankan sebelas orang yang melakukan praktik pungutan liar di beberapa lokasi terpisah," kata Kepala Kepolisian Resor Kota Padang Kombes Imran Amir dikutip Antara, Jumat, 6 Mei.

Setelah diciduk, para pelaku pungli tersebut langsung digiring ke Mako Polresta Padang guna diproses lebih lanjut.

Para pelaku itu dijaring oleh personel Satuan Intelijen dan Keamanan (Intelkam) di sejumlah titik di Kota Padang, mulai dari kawasan Air Mancur Pasar Raya Padang.

Di lokasi itu, polisi mengamankan seorang pelaku beserta uang tunai sebagai barang bukti dengan modus memungut parkir secara ilegal.

Sementara itu, di depan pusat perbelanjaan Plaza Andalas, polisi mengamankan lima orang pelaku dengan dua modus operasi.

"Seorang pelaku memakai modus menyemprotkan parfum ke kendaraan yang melintas, sedangkan tiga lainnya bermodus parkir," jelasnya.

Di kawasan Jalan Permindo Pasar Raya Padang, lanjut dia, diamankan dua orang pelaku, sedangkan di kawasan Jalan Patimura sebanyak tiga pelaku.

Sebelumnya, Kamis (5/5), Polresta Padang juga telah meringkus 13 pelaku yang diduga melakukan pungli di sepanjang kawasan Pantai Padang. Pada hari Rabu (4/5) sebanyak belasan pelaku.

Imran Amir menegaskan bahwa pihaknya akan menyapu bersih para pelaku pungutan liar, premanisme, pemalakan, ataupun sejenisnya di kota ini.

"Para personel telah disebar ke lapangan, baik yang menggunakan seragam maupun berpakaian sipil. Oleh karena itu, kami tegaskan agar tidak ada yang melakukan pungli. Jika kedapatan, akan ditindak tegas," ujarnya.

Ia mengimbau masyarakat segera melapor ketika menjadi korban ataupun mengetahui tindakan pungutan liar, premanisme, dan sejenisnya