KPU Dairi Luncurkan Desa Peduli Pemilu dan Pemilihan
Bupati Dairi, Sumatera Utara, Dr. Eddy Keleng Ate Berutu (kedua dari kiri)/Foto: Antara

Bagikan:

SIDIKALANG - Komisi Pemilihan Umum Kabupaten Dairi meluncurkan (launching) program Desa Peduli Pemilu dan Pemilihan (DP3) di Desa Bintang Hulu Kecamatan Sidikalang untuk menyukseskan Pemilu 2024.

Peluncuran DP3 dilakukan Bupati Dairi, Sumatera Utara, Dr. Eddy Keleng Ate Berutu di halaman Gereja HKI Pancuran, Selasa 23 Mei.

Pemilu bakal digelar pada 14 Februari 2024 untuk memilih Presiden, Wakil Presiden, serta anggota dewan, baik di pusat maupun daerah,  sedangkan pilkada serentak dilakukan pada 27 November 2024.

“Pendidikan pemilu merupakan elemen penting dalam demokrasi. Pemerintah Kabupaten Dairi mendukung atas kehadiran Desa Peduli Pemilu dan Pemilihan,” ucapnya dikutip Antara.

Ia mengatakan desa merupakan tingkatan terkecil di kabupaten sehingga bila desa  dalam konteks politik mampu mandiri, itu akan memberikan dampak positif dan partisipasi politik masyarakat juga akan meningkat.

Bupati yang pernah meraih penghargaan The Best CEO on Business Strategic dari Business Review ini mengetahui informasi tentang pemilu sehingga hadirnya DP3 diperlukan khususnya bagi generasi muda.

Ketua KPU Dairi Freddy Sinaga menyampaikan terimakasih kepada Bupati Dairi atas dukungan yang diberikan kepada KPU Dairi sehingga peluncuran Dp3 dapat terlaksana.

Pendidikan pemilu, kata Freddy Sinaga, memiliki peran penting untuk menyongsong Pemilu 2024.

“Terdapat 100 orang kader pemilu dari empat lokasi, masing masing 25 orang, yang akan disebar untuk menjadi garda KPU dalam menyampaikan pentingnya menyukseskan Pemilu 2024,” katanya.