Drainase di Depan Pintu Tol Bandar Selamat Medan Dinormalisasi
Sejumlah petugas sedang melakukan normalisasi drainase di Jalan Letda Sujono, Medan, Selasa (24/5/2022). (ANTARA/HO-Diskominfo Kota Medan)

Bagikan:

MEDAN - Dinas Pekerjaan Umum (PU) Kota Medan, Sumatera Utara, melakukan normalisasi drainase di sepanjang Jalan Letda Sujono, termasuk depan pintu tol Bandar Selamat, Kecamatan Medan Tembung.

Kepala Dinas PU Kota Medan Topan Ginting mengatakan normalisasi drainase ini dilakukan untuk meminimalkan dampak banjir yang kerap terjadi di depan pintu tol.

"Pengerjaannya mulai dari bawah tol menuju simpang jalan Mandala. Lalu di bawah tol menuju parit titi sewa. Kita mencoba membagi arah pembuangan air ke arah titi sewa dan simpang Mandala," katanya dikutip Antara, Rabu, 25 Mei.

Agar normalisasi drainase berjalan maksimal, lanjut dia, maka selain membersihkan drainase terbuka, petugas juga membongkar drainase tertutup di jalan tersebut.

"Hingga Selasa (24/5), total sepanjang 105 meter telah dilakukan. Normalisasi di Jalan Letda Sujono ini dilakukan sesuai target pengerjaan satu bulan, baik sisi utara maupun sisi selatan," jelas dia.

Menurutnya normalisasi drainase ini akan dilakukan secara berkelanjutan, sehingga permasalahan banjir yang kerap terjadi ketika hujan deras dapat teratasi.

Untuk drainase tertutup di antaranya depan rumah warga akan kembali ditutup setelah pengerjaan usai, termasuk material sedimentasi pengorekan diangkut menggunakan truk.

"Setelah normalisasi ini, baru kita pasangkan pompa ke pembuangan arah riti sewa. Pemasangan pompa sesuai arahan Pak Bobby saat melakukan peninjauan kemarin," tutur Topan.