Pemprov Kalsel Mulai Gerakan Program Merdeka Sampah di Jalan Protokol
Program Merdeka Sampah dari Pemprov Kalimantan Selatan/Foto: Antara

Bagikan:

BANJARMASIN - Pemerintah Provinsi Kalimantan Selatan (Kalsel) memulai gerakan program merdeka sampah di jalan protokol, khususnya jalan protokol menuju ibu kota Provinsi Kalsel.

"Kick Off" program merdeka sampah secara resmi dilakukan Gubernur Kalsel Sahbirin Noor di Jalan A Yani Landasan Ulin atau di Halaman Kantor Satpas Ditlantas Polda Kalsel di Banjarbaru, Jumat 27 Mei.

Kegiatan "kick off" program merdeka sampah di jalan protokol menuju ibu kota Provinsi Kalsel itu sekaligus memperingati Hari Kebangkitan Nasional tahun 2022.

Gubernur mengatakan momentum Hari Kebangkitan Nasional ke-114 ini diharapkan dapat membangkitkan semangat dan kepedulian akan pentingnya lingkungan yang sehat dan bersih.

Demikian juga sebagai upaya bersama untuk mengubah paradigma masyarakat, khususnya para pengguna jalan protokol agar tidak membuang sampah sembarangan.

"Kick off program merdeka sampah jalan protokol menuju ibu kota Provinsi Kalimantan Selatan, yang ditandai dengan aksi bersih-bersih sampah dan penanaman pohon, adalah aksi nyata untuk menjaga lingkungan," ujarnya dikutip Antara.

Gubernur yang lebih akrab disapa Paman Birin tersebut mengatakan, sekecil apapun perubahan, dampaknya akan begitu besar di masa yang akan datang.

Pohon yang ditanam, ujar dia, akan menambah produksi oksigen yang dapat dinikmati setiap orang.

"Mari kita dukung dan sukseskan acara program merdeka sampah ini dengan membiasakan menanam pohon dan bersih-bersih lingkungan di sekitar kita," katanya.

Gubernur berharap program merdeka sampah ini mampu menggerakkan dan mengubah perilaku masyarakat dengan penuh kesadaran agar berperan aktif dalam penanaman pohon dan memelihara kebersihan di lingkungannya masing-masing.

Kepala Dinas Lingkungan Hidup Provinsi Kalsel Hanifah Dwi Nirwana mengatakan kegiatan ini diikuti oleh berbagai elemen masyarakat, di antaranya jajaran TNI-Polri, ASN Pemprov Kalsel serta jajaran Dinas Lingkungan Hidup (DLH) dari Kabupaten Banjar, Kota Banjarbaru, dan Kota Banjarmasin.

Program merdeka sampah dengan membersihkan sampah di sepanjang jalan protokol menuju ibu kota provinsi Kalimantan Selatan, juga diikuti oleh pelajar dan berbagai organisasi kemasyarakatan.

"Semoga dukungan masyarakat makin besar, hingga daerah kita indah dilihat karena bersih," ujarnya.