Pantau Barang Ilegal, Aparat Gelar Razia di Kapuas Hulu Berbatasan Langsung Malaysia
Razia di perbatasan Indonesia-Malaysia, Batang Lupar, Kapuas Hulu, Kalbar, Kamis 9 Juni. (Antara-Teofilusianto T)

Bagikan:

KALBAR - Razia dilakukan tim gabungan TNI-Polri di daerah perbatasan Indonesia-Malaysia Kecamatan Batang Lupar, wilayah Kapuas Hulu, Kalimantan Barat (Kalbar).

Bati Wamil 1206-03 Batang Lupar, Perlu Timur Edy, mengatakan razia sebagai upaya mencegah masuknya barang ilegal maupun tenaga kerja ilegal.

"Kami mengantisipasi masuknya barang ilegal dan TKI ilegal pada saat pergantian pengamanan perbatasan (pamtas)," kata Timur Edy usai razia, dikutip dari Antara, Kamis 9 Juni.

Timur Edy mengatakan, dalam razia gabungan tersebut baik pengendara roda dua dan roda empat menuju arah Kota Putussibau menuju Badau atau perbatasan, maupun dari arah perbatasan menuju Kota Putussibau diperiksa.

Dia mengatakan, selama pelaksanaan razia tersebut pihaknya belum menemukan barang ilegal maupun TKI ilegal.

"Kegiatan itu rutin kami laksanakan setelah beberapa hari lalu juga dilaksanakan, sejauh ini kami belum menemukan adanya barang ilegal atau pun TKI ilegal, meskipun demikian kami tetap memperketat pengawasan," ujar Timur Edy.

Timur Edy menyebutkan, petugas perbatasan dari TNI-Polri tidak akan segan-segan untuk menindak sesuai ketentuan berlaku, apabila menemukan pelanggaran hukum atau tindakan kejahatan lainnya di daerah perbatasan.

"Untuk mengawasi perbatasan kami juga meminta dukungan semua pihak untuk bersama-sama menjaga dan mengawasi kemungkinan masuknya barang ilegal maupun penyelundupan lainnya di sepanjang daerah perbatasan," pungkasnya.