Keputusan Mahkamah Agung AS Cabut Legalisasi Aborsi Tuai Unjuk Rasa, Bagaimana Penggunaan Pil Aborsi?
Unjuk rasa mendesak perlindungan hak aborsi di Amerika Serikat. (Wikimedia Commons/Senate Democrats)

Bagikan:

JAKARTA - Ratusan pengunjuk rasa turun ke Mahkamah Agung AS pada akhir pekan untuk mengecam keputusan Roe v. Wade yang berusia setengah abad, mengenai pengakuan hak konstitusional perempuan untuk aborsi.

Keputusan besar oleh pengadilan, dengan mayoritas konservatif 6-3, ditetapkan untuk mengubah kehidupan Amerika Serikat, dengan hampir separuh negara bagian dianggap pasti atau kemungkinan akan melarang aborsi, dikutip dari Reuters 27 Juni

Hakim Konservatif Clarence Thomas menyarankan alasan pengadilan juga dapat menyebabkannya mempertimbangkan kembali keputusan masa lalu yang melindungi hak atas kontrasepsi, melegalkan pernikahan gay secara nasional dan membatalkan undang-undang negara bagian yang melarang seks gay.

Jumlah demonstran di luar Mahkamah Agung meningkat secara substansial. Area berpagar di depan pengadilan tinggi sebagian besar dipenuhi oleh mereka yang menuntut hak aborsi.

Massa membawa poster dengan slogan-slogan seperti "Abort SCOTUS." Seorang pengunjuk rasa membawa plakat yang mengatakan "batasi senjata, bukan perempuan" mengacu pada keputusan Mahkamah Agung lain minggu ini memperluas hak senjata.

demo perlindungan aborsi
Unjuk rasa perlindungan hak aborsi di Amerika Serikat. (Wikimedia Commons/Conatw95)

Presiden Joe Biden, yang pada Hari Jumat menyatakan kekecewaannya yang mendalam dengan putusan pengadilan, mengatakan pada Hari Sabtu bahwa Gedung Putih akan memantau bagaimana negara bagian menegakkan larangan, dengan pejabat pemerintah telah mengisyaratkan mereka berencana untuk melawan upaya untuk melarang pil yang digunakan untuk aborsi obat.

"Keputusan itu dilaksanakan oleh negara bagian. Pemerintahan saya akan fokus pada bagaimana mereka mengelola dan apakah mereka melanggar undang-undang lain atau tidak," ujar Presiden Biden.

Gedung Putih mengatakan pihaknya juga akan menantang setiap upaya negara bagian untuk membatasi kemampuan perempuan bepergian ke luar negara bagian mereka untuk melakukan aborsi.

Pemerintahan mengindikasikan akan berusaha untuk mencegah negara bagian melarang pil yang digunakan untuk aborsi obat. Pemerintah dapat berargumen di pengadilan bahwa persetujuan Badan Pengawas Obat dan Makanan AS (FDA) terhadap mifepristone, salah satu pil yang digunakan untuk aborsi obat, mendahului pembatasan negara bagian, yang berarti otoritas federal melebihi tindakan negara bagian apa pun.

Argumen yang sama telah diajukan oleh GenBioPro Inc yang berbasis di Las Vegas, yang menjual pil versi generik, dalam gugatan yang menantang pembatasan Mississippi tentang aborsi obat.

Lebih dari selusin negara bagian berencana untuk hampir sepenuhnya melarang aborsi dengan dibatalkannya preseden Roe v. Wade. Dalam putusan yang menakjubkan, Mahkamah Agung mayoritas konservatif membatalkan Roe dengan suara 5-4 pada hari Jumat, dengan mengatakan tidak ada hak untuk aborsi dalam Konstitusi AS.

Namun, negara-negara kemungkinan akan menghadapi kesulitan lain dalam menegakkan pembatasan aborsi obat, karena perempuan kemungkinan masih dapat memperoleh pil secara online atau di negara bagian lain.

demo tolak pelarangan aborsi
Unjuk rasa perlindungan hak aborsi di Amerika Serikat. (Wikimedia Commons/Charles Edward Miller)

Terpisah, Jaksa Agung Merrick Garland lebih eksplisit tentang apa yang diincar Departemen Kehakiman, mengatakan dalam sebuah pernyataan: "Negara bagian mungkin tidak melarang mifepristone berdasarkan ketidaksepakatan dengan penilaian ahli FDA tentang keamanan dan kemanjurannya."

Mifepristone disetujui untuk digunakan dalam aborsi oleh FDA pada tahun 2000, lama setelah Roe diputuskan pada tahun 1973. Pil, juga dikenal sebagai RU 486, memblokir hormon progesteron yang menopang kehamilan sementara obat lain yang digunakan, misoprostol, menginduksi kontraksi rahim.

Sementara itu, Greer Donley, seorang profesor di Fakultas Hukum Universitas Pittsburgh yang ahli dalam hak-hak reproduksi, mengatakan sikap pemerintah "menunjukkan mereka memahami taruhannya dan bersedia untuk mengejar ide-ide baru."

Bahkan sebelum Roe digulingkan, negara bagian memberlakukan pembatasan akses ke pil tersebut. Ada 19 negara bagian yang mengharuskan perempuan melakukan kunjungan langsung untuk mendapatkan obat tersebut, menurut Guttmacher Institute, kelompok penelitian yang mendukung hak untuk melakukan aborsi.

Adapun pakar hukum mengatakan, undang-undang tentang pencegahan tidak jelas karena Kongres tidak pernah mengatakan secara eksplisit, persetujuan FDA mengalahkan undang-undang negara bagian seperti yang telah dilakukan dalam konteks perangkat medis. Oleh karena itu akan diserahkan kepada pengadilan untuk memutuskan pertanyaan di bawah teori yang dikenal sebagai "pendahuluan tersirat."

Ketersediaan luas obat aborsi di negara bagian yang ingin membatasi atau melarang prosedur ini, akan menjadi kemunduran besar bagi juru kampanye anti-aborsi yang telah lama berusaha untuk melarang aborsi secara langsung.

Dengan dibatalkannya Roe v. Wade, negara bagian juga akan memiliki lebih banyak kelonggaran untuk menyatakan bahwa mereka memiliki kepentingan terpisah dalam mencegah aborsi berdasarkan keberatan moral terhadap aborsi.