Minta Rusia Buka Blokade Gandum pada Pertemuan Menlu G20 di Bali, Menlu AS Antony Blinken: Ukraina Bukan Negara Anda, Mengapa Memblokir Pelabuhan?
Menlu AS Antony Blinken (tengah) saat menghadiri Pertemuan Menteri Luar Negeri G20 di Bali Sumber: Antara Foto/pool/Sigid Kurniawan)

Bagikan:

JAKARTA - Sejumlah pejabat Barat mencoba meminta Rusia untuk membuka blokade pengiriman gandum Ukraina ke pasar dunia, saat perang yang sudah berlangsung lebih dari empat bulan tersebut bisa berkepanjangan.

Pada pertemuan para menteri luar negeri G20 di Bali, Indonesia, beberapa kritikus paling gigih terhadap invasi Rusia, menghadapi diplomat top Kremlin Sergei Lavrov.

Kekhawatiran utama mereka adalah mendapatkan pengiriman biji-bijian dari Ukraina keluar dari pelabuhan Laut Hitam yang diblokade. Diketahui, Ukraina adalah pengekspor utama, dengan badan-badan bantuan telah memperingatkan bahwa negara-negara di Afrika, Timur Tengah dan di tempat lain menghadapi kekurangan pangan yang menghancurkan jika pasokan tidak mencapai mereka.

Pada sesi pleno, Menteri Luar Negeri AS Antony Blinken mendesak Moskow untuk membiarkan gandum Ukraina keluar ke dunia, kata seorang pejabat Barat.

"Dia berbicara langsung dengan Rusia, mengatakan: 'Kepada rekan-rekan Rusia kami: Ukraina bukan negara Anda. Biji-bijiannya bukan biji-bijian Anda. Mengapa Anda memblokir pelabuhan? Anda harus membiarkan biji-bijian itu keluar,'" kata pejabat itu, melansir Reuters 8 Juli.

Sebelumnya, Menlu Lavrov telah mencaci-maki Barat, dengan mengatakan, alih-alih berfokus pada bagaimana mengatasi masalah ekonomi global pada pertemuan itu, para menteri telah memulai "kritik gila-gilaan" terhadap Rusia atas konflik Ukraina.

Sementara itu, Menteri Luar Negeri Indonesia Retno Marsudi meminta G20 untuk "menemukan jalan ke depan" untuk mengatasi tantangan global dan mengatakan dampak perang, termasuk kenaikan harga energi dan pangan, akan paling parah menghantam negara-negara miskin.

"Ini adalah tanggung jawab kita untuk mengakhiri perang lebih cepat dan menyelesaikan perbedaan kita di meja perundingan, bukan di medan perang," uajr Menlu Retno saat membuka pembicaraan.

Namun, komentar Putin di Moskow menunjukkan bahwa prospek kejadian itu redup saat ini. Moskow, bagaimanapun, menuduh Barat mengobarkan perang ekonomi di Rusia dengan mencoba mengisolasinya dengan sanksi yang dijatuhkan atas invasi 24 Februari.

Presiden Vladimir Putin memperingatkan bahwa operasi militer Rusia di Ukraina baru saja dimulai dan prospek negosiasi akan semakin redup semakin lama konflik berlarut-larut.

"Kami telah mendengar berkali-kali bahwa Barat ingin melawan kami sampai Ukraina terakhir. Ini adalah tragedi bagi rakyat Ukraina, tetapi tampaknya semuanya menuju ke arah ini," sebut Presiden Putin dalam pidatonya di parlemen, Kamis.

Diketahui, konflik terbesar di Eropa sejak Perang Dunia Kedua telah menewaskan ribuan orang, jutaan orang mengungsi dan meratakan kota-kota Ukraina. Rusia mengatakan "operasi militer khusus" dimaksudkan untuk menurunkan militer Ukraina dan membasmi orang-orang yang disebutnya nasionalis berbahaya.

Adapun Ukraina dan pendukung Baratnya mengatakan Rusia terlibat dalam perampasan tanah yang tidak dapat dibenarkan.