Pemanfaatan Tanah di Tapanuli Selatan, Bupati Ajak Masyarakat Gunakan Lahan Tidur
Bupati Tapanuli Selatan H Dolly P.Pasaribu SPt MM (ANTARA/HO-dokumen pribadi)

Bagikan:

MEDAN - Bupati Tapanuli Selatan, Sumatera Utara Dolly P.Pasaribu mengatakan kabupaten ini dikenal dengan kesuburan tanahnya, dan sayang bila tidak dikelola secara baik.

"Karenanya mari kita manfaatkan lahan-lahan tidur termasuk pekarangan rumah dengan menanam tanaman berguna," kata Dolly dalam keterangan terima, Kamis (14/7).

Pemanfaatan dengan teknik holtikultura

Menurutnya memanfaatkan lahan dengan tanaman seperti hortikultura dan tanaman obat akan dapat menambah pendapatan keluarga itu sendiri. Apalagi di tengah masa kondisi ekonomi global saat ini.

"Kemarin Rabu (13/7/2022) hal ini juga yang saya serukan kepada ibu-ibu Badan Kontak Majelis Taklim Istiqomah saat pengajian akbar di Desa Sorimanaon, Kecamatan Angkola Muaratais," katanya.

Di tengah bayangan ekonomi global saat ini Presiden RI Joko Widodo sebut Dolly tengah gencar mengajak seluruh elemen masyarakat membangkitkan pertanian dalam rangka mendukung ketahanan pangan nasional.

"Oleh karenanya mengingat suburnya bumi Tapsel, mari kita lebih semangat dan giat dengan budidaya sayur mayur, tanaman obat. Minimal bisa untuk menutupi kebutuhan keluarga di samping bernilai ekonomi," ujarnya.

Pemkab Tapsel melirik program pertanian cukup menjanjikan dalam peningkatan kesejahteraan masyarakat wilayah itu yang lebih 70 persen bergantung lahan pertanian.

"Karenanya kita akan tetap fokus agar pertanian terintegrasi atau food estate sesuai harapan Menteri Pertanian RI Syahrul Yasin Limpo dapat di wujudkan di Tapsel," kata suami tercinta Rosalina Dolly Pasaribu.

Menurut Dolly, pertanian terintegrasi antara pertanian, perkebunan, peternakan dan lainnya cukup berpotensi di kembangkan di kabupaten itu dalam mewujudkan Tapsel yang sehat, cerdas, dan sejahtera.

Selain Pemanfaatan Tanah di Tapanuli Selatan, ikuti berita dalam dan luar negeri lainnya hanya di VOI Sumut, Berita Sumatera Utara Terkini!