Mau Healing Bernuansa Horor di Jakarta? Coba Camping di Pulau Onrust
Pulau Onrust/Foto: VOI

Bagikan:

JAKARTA - Healing menikmati keindahan pemandangan laut hingga gunung sudah banyak tersedia di Indonesia. Tapi, ada yang berbeda dari Pulau Onrust, Kepulauan Seribu. Pulau yang tidak jauh dari pesisir Jakarta Utara ini menawarkan konsep wisata sejarah yang misterius.

Kepala Suku Dinas Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Kepulauan Seribu, Puji Astuti mengungkapkan bahwa Pulau Onrust dikemas sebagai tempat wisata edukasi dan sejarah. Di sini, kata Puji, banyak bangunan peninggalan zaman Belanda.

Bersama Puji, tim VOI turut mengunjungi Pulau Onrust yang jaraknya 20 menit menggunakan speed boat dari dermaga Marina Ancol. Setibanya di sana, kesunyian menyambut. Tak ada penduduk yang tinggal di pulau ini.

Saat menyusuri tengah pulau, banyak puing-puing bangunan yang sudah hancur. Sebagian puing ini merupakan tempat karantina haji pada masanya.

Yang menjadi terkesan horor, terdapat kompleks pemakaman pemakaman seorang yang dikenal sebagai pemberontak bernama Kartosuwiryo. Terdapat juga makam penguasa Onrust, Cornellis Vogel, dan beberapa makam lainnya.

Belum cukup di situ, di sebelah kompleks makam, terdapat museum bekas penjara untuk pemberontak yang dibangun Belanda. Di dalamnya, terdapat patung-patung yang menggambarkan proses interogasi hingga ruang pengadilan bagi pemberontak.

Hawa berbeda langsung terasa saat memasuki ruangan berisi patung ini. Sekilas, mata patung sipir hingga pemberontak dengan tangan buntung tampak hidup. Meski hanya patung, nuansa mencekam tak bisa terhindarkan.

"Sebenarnya di sini aman, cuma perasaan aja serasa mistik karena ada makam orang-orang Belanda," kata Puji yang menangkap rasa ketakutan tim VOI di depan museum.

Puji mengungkapkan, Pulau Onrust kerap didatangi wisatawan dari kelompok pelajar. Mereka mengunjungi pulau ini untuk berwisata sekaligus mempelajari sejarah pulau yang memiliki arti "tidak pernah beristirahat" tersebut.

Lalu, untuk wisatawan yang benar-benar menginginkan healing dengan nuansa berbeda, mereka bisa menginap dengan camping di Pulau Onrust. Beragam paket ditawarkan dengan harga ratusan ribu rupiah.

"Paket wisata di pulau onrust macam-macam pilihannya. ada yang berangkat dari Kaliadem, Tanjung Pasir, dan dari Marina dengan pilihan budget masing-masing. Untuk harga tiket masuknya sendiri per orang dikenakan Rp5.000," ucap Puji.

"Kalau backpacker-an, boleh menginap di sini selama 2 sampai 3 hari. Jarang ada wisatawan yang menginap lebih dari itu karena di sini aktivitasnya lebih sering untuk menyendiri. Benar-benar healing," tambahnya.