BMKG Prediksi Sejumlah Wilayah di DKI Jakarta, Jabar, dan Sumut Berpotensi Hujan Hari Ini
Seorang warga menggunakan payung menerobos lebatnya hujan di kawasan Kotabaru, Yogyakarta. (ANTARA/Noveradika)

Bagikan:

JAKARTA - Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) memperediksi hujan dengan intensitas sedang hingga lebat disertai petir terjadi di sejumlah wilayah di DKI Jakarta, Jawa Barat (Jabar) hingga Sumatera Utara (Sumut) pada hari ini Kamis 28 Juli.

Menurut sistem peringatan dini BMKG, potensi hujan juga akan turun di Aceh, Bangka Belitung, Banten, Bengkulu, Gorontalo, dan Jambi.

Hujan disertai angkin kencang juga diperkirakan akan mengguyur Provinsi Kalimantan Barat, Kalimantan Tengah, Kalimantan Timur, Kalimantan Utara, Lampung.

Selanjutnya Maluku, Maluku Utara, Papua, Papua Barat, Riau, Sulawesi Barat, Sulawesi Selatan, Sulawesi Tengah, Sulawesi Tenggara, Sulawesi Utara, Sumatera Barat, dan Sumatera Selatan.

Hujan lebat yang disertai angin kencang berpotensi menimbulkan bencana alam seperti banjir dan tanah longsor. BMKG mengingatkan daerah-daerah yang berpeluang mengalami hujan lebat disertai angin kencang sebaiknya mewaspadai kemungkinan tersebut.

BMKG menekankan pentingnya pemerintah daerah meningkatkan kesiapsiagaan menghadapi bencana serta mengedukasi masyarakat mengenai pentingnya mitigasi.

Menurut BMKG, pengetahuan masyarakat mengenai potensi bencana serta langkah-langkah penyelamatan dan evakuasi mandiri saat bencana di Indonesia mesti ditingkatkan.